Beranda Musi Banyuasin Ribuan Massa Minta Copot Plt. Bupati Muba

Ribuan Massa Minta Copot Plt. Bupati Muba

483
0
BERBAGI

Ribuan Massa Kepung Gedung Bupati Muba

Halosumsel.com-

Sedikitnya ada ribuan Massa yang tergabung dalam Aliansi LSM Ormas Bersatu Muba, Lembaga Intelijen Pers Reformasi Republik Indonesia (LIPER-RI), Forum Demokrasi Rakyat (FDR) RI Muba, Forum Masyarakat Musi Bersatu Muba (FM2B) yang menamakan diri Solidaritas Masyarakat Peduli Muba, turun ke jalan, mendesak Plt Bupati Musi Banyuasin dilepas karena dianggap semena-mena melakukan aktivitasnya (7/12).

Aksi massa tersebut diantaranya meminta agar Mendagri, KASN, Gubernur Sumsel, DPRD Muba dan pihak terkait lainnya untuk menegakkan aturan. Mereka menduga Plt Bupati Muba Ir David BJ Siregar Msc telah menabrak UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 78 ayat 2 dan kepala daerah harus mentaati aturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada.

Selain itu, dalam tuntutan mereka dikatakan Plt Bupati Muba diduga telah mengangkangi surat Menteri Dalam Negeri nomor : B-1152/KASN/10/2015 tanggal 20 oktober 2015 tentang laporan hasil pengawasan atas pengangkatan pemberhentian PNS dari jabatan structural dan surat Komisi Aparatur Sipil Negara nomor : B-1259/KASN/12/2015 tanggal 22 desember 2015 tentang tindak lanjut rekomendasi KASN.

“Turunkan Plt Bupati Muba, yang diduga menyalahgunakan jabatan dan wewenang serta melanggar Undang-undang aturan KASN,’’ jelas Zuhri dalam orasinya yang disambut teriakan dan yel-yel dari ribuan massa aksi.

Jika Gubernur Sumatera Selatan, DPRD dan pihak terkait lainya tidak segera menindak-lanjuti laporan pelanggaran dan penegakan Undang-Undang serta aturan KASN, mereka mengancam  akan menggelar demo menduduki kantor Menteri Dalam Negeri, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Menpan-RB dan Istana Presiden RI. Selain itu, mereka juga mengancam tidak akan menggunakan hak pilih dalam pilkada Muba 2017 jika tuntutan mereka tidak segera dipenuhi.(waluyo)

LEAVE A REPLY