Beranda Perisitiwa Prajurit Gapo Asah Keterampilan Bongkar Pasang Tenda

Prajurit Gapo Asah Keterampilan Bongkar Pasang Tenda

470
0
BERBAGI

Halosumsel-

Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit Korem 044/Gapo, pada minggu pertama bulan Juli 2017 kali ini melaksanakan kegiatan latihan praktek bongkar pasang tenda serba guna dibawah arahan Dankimarem 044/Gapo Kapten Cba Dedi Rohaedi bertempat di lapangan Makorem 044/Gapo yang disaksikan langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP., Kamis (6/7/2017).
 
Tenda merupakan bangunan darurat yang didirikan untuk menghadapi kebutuhan mendadak yang relatif singkat, dan untuk berteduh yang bersifat sederhana yang mempunyai komponen peralatan minim dan ringan, proses mendirikan dan membongkarnya mudah dan cepat, sehingga mudah dipindahkan ke tempat lain.
 
Dalam arahannya Dankima mengatakan bahwa, bongkar pasang tenda serba guna biasanya dianggap sepele dan bersifat pelengkap suatu kegiatan, tapi tanpa dibelaki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, anggapan tersebut justru malah sebaliknya. “Namun, anggapan tersebut berubah menjadi sulit ketika kita didadak untuk memasang tenda yang kuat dan kokoh tanpa dibekali pengetahuan dan ketrampilan,” ujar Dankima.
 
Lebih lanjut Dankima dalam arahannya menjelaskan bagian-bagian dari tenda serba guna satu persatu kepada peserta, dan kemudian mempraktekkan memasang tenda serba guna. “Semuanya harus dilakukan secara bersama-sama agar saat tenda berdiri tidak miring dan tidak mudah roboh ketika ada angin kencang atau gangguan lainnya,” katanya.
 
Sementara itu Danrem 044/Garuda Dempo saat menyaksikan praktek bongkar pasang tenda yang dilakukan anggota Kompi Markas Korem 044/Gapo menyatakan bahwa prajurit harus tahu tugas dan tanggungjawab sesuai jabatan yang diembannya, apabila prajurit mengetahui tugasnya maka kegiatan seberat apapun akan menjadi ringan, karena di militer tugas sudah terbagi habis sesuai dengan organisasi satuannya, dan apabila salah satu prajurit tidak menjalankan tugasnya dengan baik, maka akan memberatkan tugas prajurit yang lainnya, “terang Danrem”.
 
Adapun tujan diselenggarakan latihan ini adalah untuk menumbuhkan semangat kebersamaan prajurit Korem 044/Gapo yang profesional, tanggap, tangguh dan trengginas. Selain itu agar prajurit Korem 044/Gapo kembali ke dasar militer, yakni dengan back to basic diharapkan akan meningkatkan kemampuan nalurinya sebagai prajurit.
Disamping itu guna mewujudkan kedekatan antar pimpinan atau atasan dan bawahan, rasa kekompakan dan jiwa korsa serta menumbuhkan sifat tenggang rasa saling membantu, tolong menolong antar sesama prajurit dalam suka maupun duka.(sofuan)

LEAVE A REPLY