Beranda Advertorial Peringatan HUT RI ke 76 Di Tengah Pandemi Covid 19 Tetap Khidmat

Peringatan HUT RI ke 76 Di Tengah Pandemi Covid 19 Tetap Khidmat

97
0
BERBAGI

Muara Enim,Halosumsel.co.id – Walau di tengah suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-76 RI) tingkat Kabupaten Muara Enim yang  digelar secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Lapangan Kantor Pemkab Muara Enim, Selasa (17/8/21) tetap berlangsung khidmat.

Suasana khidmat tersebut dapat dirasakan saat Bendera Sang Saka Merah Putih  mulai dikibarkan menuju ujung tiang tertinggi sembari diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. ‘Indonesia Raya merdeka merdeka tanahku negeriku yang kucinta, Indonesia Raya merdeka merdeka hiduplah Indonesia Raya.’


Selaku Kepala Daerah, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) dalam upacara tadi bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup),  untuk pembacaan teks UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki yang selanjutnya  pembacaan Do’a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.


Kemudian, bertindak sebagai Komadan Upacara Mayor Inf Zeri Mandani (Gomil Gol VI Rindam II/SWJ), Perwira Upacara Kapten Arm Broto Santoso (Pasi Pers Kodim 0404/ME) kemudian Desinta Putri Maharani dari SMA Negeri 2 Muara Enim bertugas sebagai pembawa baki yang selanjutnya diserahkan kepada Pengibar Bendera yakni M Al Hadi Rivan dari SMK  Bina Mulia, M Tegar Ramadhan dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim dan Radja Natael Sembiring dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim.

“17 Agustus dapat kita maknai sebagai tanggal/hari yang sangat bersejarah dan sangat berarti bagi kita semua. Sebagai anak bangsa kita wajib setiap tahun untuk memperingatinya yang tentu tujuannya untuk meningkatkan semangat nasionalisme, semangat kebangsaan, dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab kita kepada bangsa, dan negara Republik Indonesia,” terang HNU saat diwawancara usai pelaksanaan upacara.

Maka dari itu, HNU mengharapkan peran anak-anak muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa, menjadi penerus tongkat estafet kepemimpinan agar dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif yang dapat membakar jiwa nasionalisme sehingga dapat meresapi perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara, dan harus kalian lanjutkan perjuangan itu.

Kemudian, tekait pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih menghantui, HNU mengajak semua untuk optimis, untuk bersama-sama menghadapinya dengan menekankan disiplin protokol kesehatan (prokes).
“Kita harus optimis, bangsa kita bangsa yang besar bangsa yang sudah terbiasa menghadapi situasi-situasi tersulit sekalipun sebagaimana yang telah terjadi pada saat pahlawan kita menghadapi kesulitan-kesulitan di masa lampau, sekarang pun kita harus bisa menghadapi kondisi ini (pandemi Covid-19) dengan satu kata kunci yakni kebersamaan, kebersamaan, dan kebersamaan sehingga dengan kebersamaan itu dengan menekankan disiplin prokes itu, kondisi ini yakin akan kita rasakan semakin hari akan semakin membaik,” ujar HNU.

“Semoga diusia ke-76 tahun, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan semakin maju dan selalu berjaya, INDONESIA MAJU, INDONESIA TUMBUH, MERDEKA, Amin,” harap HNU.

Usai mengikuti pelaksanaan Upacara di Lapangan Kantor Pemkab Muara Enim  dilanjutkan dengan pemberian santunan dana kehormatan kepada para Veteran Kabupaten Muara Enim. Tepat pukul 10.00 WIB, Pj Bupati Muara Enim beserta Forkopimda Kabupaten Muara Enim langsung mengikuti secara Virtual dari Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim. Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.(Prokopim me/ADV -Jazz)

LEAVE A REPLY