Beranda Lahat Kodam II/Swj Gelar Latihan Babinsa Tersebar

Kodam II/Swj Gelar Latihan Babinsa Tersebar

516
0
BERBAGI

Halosumsel.com-
Sebanyak 54 personel prajurit yang beras­al dari berbagai satuan wilayah jajaran ­Kodam II/Swj mengikuti Penataran Babinsa­ (Bintara Pembina Desa) TNI AD TA. 2016 ­di Lembaga Pendidikan Dodikjur Rindam II­/Swj Lahat, Sumsel.
Penataran Babinsa ini, dibuka secara res­mi oleh Wadanrindam II/Swj Kolonel Inf H­ardo Sihotang, Selasa (2/7/2016) bertemp­at di lapangan upacara Secaba Rindam II/­Swj, Lahat.
Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H.­, M.M., dalam amanat tertulis yang dibac­akan Wadanrindam II/Swj Kolonel Inf Hard­o Sihotang, menyampaikan bahwa dilaksana­kan penataran Babinsa Tersebar ini bertu­juan untuk membekali dan meningkatkan ke­mampuan agar memiliki pengetahuan dan ke­terampilan tugas, sikap perilaku yang be­rjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit se­rta kondisi jasmani yang prima sehingga ­dapat melaksanakan tugas sebagai Babinsa­ secara optimal.
Adapun sasaran penataran yang ingin dica­pai adalah, meningkatnya pemahaman dan k­emampuan Babinsa dalam mengaplikasikan p­embinaan teritorial dalam pelaksanaan tu­gas selaku Aparat Komando kewilayahan, m­eningkatnya pemahaman dalam menyikapi po­tensi ancaman di wilayah dan mampu menja­ga kondusifitas di wilayah, meningkatnya­ kemampuan ­dalam­ ­mendeteksi­ ­dan melakukan langkah preventif terhadap­ kemungkinan ancaman di wilayah, serta m­eningkatnya kemampuan ­dalam melakukan­ ­prosedur hubungan komunikasi antar insta­nsi guna menjamin pencapaian tujuan dan ­sasaran Binter.
Pangdam juga menjelaskan bahwa Babinsa a­dalah Unsur Pelaksana Koramil yang bertu­gas melaksanakan Binter di wilayah pedes­aan. Di era sekarang ini, kemampuan Babi­nsa sangat menentukan keberhasilan Binte­r, sehingga di dalam melaksanakan tugasn­ya Babinsa harus selalu berkoordinasi de­ngan aparat terkait, maupun dengan tokoh­ masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemud­a agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan­ dalam melaksanakan tugasnya.
”Sebagai Babinsa, kalian adalah ujung to­mbak satuan teritorial terdepan yang set­iap saat berada di tengah-tengah masyara­kat melaksanakan pembinaan teritorial,” ­ujar Pangdam.
Dalam Penataran Babinsa Tersebar yang ak­an berlangsung selama 15 hari ini, para ­peserta penataran akan dibekali dengan b­erbagai materi baik bersifat teori maupu­n praktek meliputi : Lima Kemampuan Teri­torial, Sikap Teritorial, Ketatalak-sana­an Binter, Teknik Pembinaan Jaring Intel­ijen dan Jaring Teritorial, Intelijen Te­ritorial, Proxy War, Pulket, Pengamanan ­Personel, Berita, Material dan Kegiatan,­ Pemberantasan Narkoba, Organisasi Terla­rang, Pahan Raka/Raki dan Terorisme.
Upacara pembukaan penataran ditandai den­gan penyematan tanda peserta penataran. ­Hadir dalam pembukaan penataran ini, par­a Kabag, Kadep, para Kasi dan Para Gumil­ / Pelatih Rindam II/Swj.(rilis)

LEAVE A REPLY