Beranda Ekonomi Gaun Songket Motif Terbanyak Siap Pecahkan Rekor

Gaun Songket Motif Terbanyak Siap Pecahkan Rekor

430
0
BERBAGI

 

Halosumsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar ajang pemecahan rekor Muri pada acara launching songket Palembang sebagai warisan budaya tak benda nasional pada Juli mendatang. Rekor spektakuler yang siap dihadirkan pada ajang tersebut diantaranya yakni gaun songket dengan motif terbanyak hasil karya dari istri Gubernur Sumsel, Hj Eliza Alex Noerdin.

Ketua TP PKK dan Dekranasda Sumsel Hj Eliza Alex Noerdin mengatakan untuk membuat launching songket lebih spektakuler maka dirinya akan merancang gaun songket yang terdiri dari 46 motif songket yang ada Palembang. Diakuinya, acara launching Songket Palembang yang menjadi warisan budaya dunia nanti akan menjadi Gebyar bagi masyarakat Sumsel.

“Gaun dari 46 motif songket yang ada di Palembang ini sedang dirancang, pastinya kita akan membuat gaun ini sangat indah dipandang karena menampilkan hampir seluruh motif songket khas sumsel”,katanya, kemarin.

Dikatakannya, saat ini pihaknya terus membahas dengan dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel.

Lanjut dikatakannya, fokus dari kegiatan ini juga sebagai ajang perkenalan songket di skala nasional dan internasional. Selain pembuatan gaun dari 46 motif songket, dalam acara tersebut juga akan diramaikan oleh 3 ribu orang yang mengenakan songket sebagai busana utama.

“Dengan ini diharapkan, tenun songket dapat dilestarikan semua masyarakat Sumsel sebagai warisan budaya yang sudah ada sejak jaman dahulu,” imbuhnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Ir Permana, tujuan acara tersebut untuk mendorong industri tenun songket agar bisa mengembangkan tenun songket Palembang ke skala internasional.

“Kegiatan ini juga jadi momentum bagi para penenun songket yang ada di Palembang agar produk tenun songketnya bisa dilirik oleh dunia internasional,” tuturnya.

Pihaknya juga akan memberikan pengharagaan kepada pemerhati songket baik yang ada di Palembang maupun di Jakarta yang ikut membantu mengenalkan songket di daerah lain.

Dirinya mengatakan pemecahan rekor muri juga disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Dia mengatakan pihaknya melibatkan 3000 pengguna songket kalangan wanita yang ada dingkungan SKPD dilingkungan provinsi Sumsel, Guru, Pelajar, Gadis Palembang dan lain sebagainya.

” Kita akan libatkan semua para wanita di SKPD untuk perwakilan untuk turut menggunakan songket dan juga pelajar hingga mahasiswa,” kata dia.

Ia mengatakan dalam acara launching songket ini juga akan dilengkapi dengan pameran songket,talk show tentang songket, kunjungan ke pengrajin songket serta melihat langsung graha songket diangkatan 45.

” Kita akan libatkan para pengrajin songket yang ada di Sumsel untuk memeriahkan perhelatan akbar ini,Setidaknya ada 700 para UKM yang ada di Sumsel dan 200 diantaranya yakni mengeluti atau berbasis pada bidang songket, tentunya Kita harapkan ini dapat memajukan dan mengairahkan usaha songket karena saat ini songket sudah masuk dalam warusan budaya Sumsel oleh UNESCO,” tandasnya (sofuan)

LEAVE A REPLY