Beranda Advertorial DPRD Banyuasin Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus

DPRD Banyuasin Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus

739
0
BERBAGI

Halosumsel-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD yang dipimpin langsung ketua DPRD H.Agus Salam, didampingi Wakil ketua, Askolani, Haryadi dan HM.Soleh. Panitia khusus (Pansus) I dan Pansus II DPRD Kabupaten Banyuasin menyampaikan laporan hasil pembahasan Pansus I DPRD Banyuasin menyampaikan laporan pembahasan rancangan peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) No 1 tahun 2014 tentang tata tertib (Tatib) DPRD Banyuasin,  Sedangkan Pansus II DPRD Banyuasin menyampaikan hasil pembahasan Raperda tentang  draf perubahan registrasi Daerah.

Juru bicara (Jubir) Pansus I DPRD Banyuasin, Ahmad Yamin Fraksi PAN menjelaskan, perlu dilakukan perbaikan pada beberapa poin pasal yang ada di Tatib sebelumnya. Perubahan itu berpedoman pada UU tentang pemerintahan daerah. Usulan tatib yang disampaikan, ketentuan alat kelengkapan DPRD, komisi-komisi, Gabungan Fraksi-fraksi, Bapemperda, dan pengambilan keputusan yang mengatur rapat paripurna.

Ketentuan pembahasan APBD dilakukan melalui mekanisme di tingkat komisi, serta ketentuan mekanisme pengisian bupati apabila terjadi kekosongan Wakil bupati terhadap semua perubahan tatib dilakukan penyusulan kembali secara utuh dalam tatib DPRD Banyuasin. Seluruh fraksi yang tergabung dalam Pansus I DPRD Banyuasin sebagian mengajukan pindah dan minta diganti nama fraksi Demokrat pembangunan nasional menjadi Fraksi Demokrat Pembangunan, kemudian  Fraksi PKS,Geridra Indonesia menjadi Geridra ,PKS,PKPI.

Sementara itu, Jubir Pansus II DPRD Banyuasin, Endang Fraksi PKB menyampaikan, dalam membahas Rancangan Peraturan Daerah terhadap draf perubahan registrasi. Pansus II DPRD Banyuasin sudah melakukan bebepara pengkajian.

Adapaun koreksi Pansus II, terhadap draf perubahan.
A. Menyusun rancangan program registrasi Daerah setiap tahun anggaran dilingkungan DPRD
B. Kordinasi bentuk penyusunan program registrasi Daerah antara DPRD dan Pemerintah Daerah
C. Menyiapkan rancangan peraturan daerah ,usul DPRD berdasarkan program prioritas yang sudah di lakukan
D. Melakukan pembulatan dan pematangan konsepsi Raperda yang di ajukan anggota komisi atau gabungan komisi
E. Memberikan pertimbangan Raperda yang di ajukan anggota
F. Mengikuti perkembangan terhadap perubahan muatan materi Raperda
G. Memberikan masukan kepada pimpinan DPRD atas Raperda yang di tugaskan Pansus.

“Dalam koreksi yang di bahas Pansus II bisa menjadi perhatian di Paripurna penyampaian laporan hasil pembahasan pansus DPRD dan perubahan tata tertib DPRD Banyuasin” tutupnya

Wakil Bupati selaku Plt Bupati Banyuasin SA Supriyono dalam sambutannya menyampaikan rapat Paripurna istimewa Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus DPRD dan Pengambilan Keputusan terhadap perubahan peraturan tata tertib DPRD tahun 2017 agar menjadikan suatu bentuk kerjasama yang baik antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

“Sebagaimana kita ketahui tugas DPRD untuk membangun Kabupaten Banyuasin sudah sangat kita apresiasi dan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia khusus yang sudah menyampaikan laporan hasil pembahasan pansus DPRD dan pengambilan keputusan terhadap perubahan peraturan tata tertib DPRD tahun 2017” ucap Supriyono akhir pidatonya.(Topik/Adv)

LEAVE A REPLY