Beranda Banyuasin Danramil 401-09 Betung Sosialisasikan Karhutla di Wilayah Suak Tapeh

Danramil 401-09 Betung Sosialisasikan Karhutla di Wilayah Suak Tapeh

464
0
BERBAGI

 

Halosumsel.com-
Didampingi para Babinsanya, Danramil 401-09 Betung, Kapten M Yamin mensosialisasikan tentang dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) didesa Rimba Terap, Tanjung Laut dan Desa Sedang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Sumsel (31/1).

Danramil memberikan penjelasan dari dampak Karhutla, mengingat musim kering tahun 2017 bakal tiba lebih awal dibandingkan dengan tahun 2016 dan diperkirakan pada bulan Februari tahun ini sudah memasuki masa kering.

Untuk itu kata Danramil meminta kepada warga khususnya para petani sawah dan yang hendak menggarap lahan perkebunanya hindari dengan cara dibakar.
Mengingat larangan untuk melakukan Karhutla itu, kami selaku Danramil bersama para Babinsa turun ke lokasi petani usai memanen padinya untuk menggarap lahan selanjutnya tidak dengan dibakar dan para Babinsa akan berusaha membantu pendampingan kepada para petani saat menggarap lahan sawahnya.
Dikatakan Danramil diwilayah Kecamatan Suak Tapeh ada berepara desa yang berlahan gambut dan sangat rawan kebakaran jika datang musim kemarau diantaranya Desa Lubuk Lancang, Rimba Terap, Tanjung Laut dan Desa Sedang.
Babinsa Sedang, Serda Darwin dalam pengarahanya mengajak para petani untuk mematuhi larangan itu dan dirinya siap mendampingi mengolah lahanya mulai menggarap lahan hingga sampai musim panen.
Hingga akhir Februari ini musim panen dan bulan Maret kembali mulai menanam benih, karena musim kering, diarahkan petani untuk menanam jagung.
Hal serupa diungkapkan oleh Serka Rizwan, untuk menghindari Karhutla petani membentuk kelompok, sehingga lahan yang akan diolah selanjutnya dikerjakan secara bergotong-royong, guna mesti cara Karhutla.
Rizwan Sofi mengajak mulai saat ini seluruh petani di desa Sedang ini membuat Kelompok Tani dan nanti akan dibentuk juga Gapoktan yang bertujuan untuk meminta bantuan kepada pemerintah supaya dapat meningkatkan produksi pangan dengan mengharap lahan tanpa dilakukan Karhutla, sambung Pelda Rosidi.(Asta/Waluyo)

LEAVE A REPLY