Beranda Ekonomi BI Sosialisasikan Sistem Pembayaran Satu Pintu

BI Sosialisasikan Sistem Pembayaran Satu Pintu

772
0
BERBAGI

Halosumsel-

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) ialah suatu infrastruktur yang mengintergrasikan layanan pembayaran sehingga seluruh masyarakat bisa menghunakan layanan pembayaran.

 

Aloysius Donanto H Wibowo (Donanto), Deputi Direktur Pusat Program Transformasi Bank Indonesia mengatakan, GPN menjadi penting karena untuk melompat lebih jauh ke dalam dunia digital, kareba kedepan dunia akan di dominasi oleh digital.

 

“Selama ini layanan ini sudah tersedia namun selama ini masih tefragmentasi, sehingga dengan terintegrasi dalam GPN  segala macam transaksi ritel khususnya kartu bisa dirasakan seluruh masyarakat sehingga tidak terpisah-pisah lagi,” jelas Donanto usai sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional, Rabu (17/01).

 

Lanjutnya, banyak kemudahan yang didapat dengan menggunakan GPN tidak perlu lagi mencari kanal pembayaran sesuai dengan penerbit

 

“Misal Bank A harus mencari kanal Bank A. Kanal ini adalah EDC atau mesin ATM. Prinsipnya bisa digunakan ke semua tentunya ada biaya, namun biayanya lebih rendah daripada kita berpindah tempat mencari ketersediaan EDC atau ATM,” katanya.

 

Namun ia mengatakan masih terdapat kendalan dalam GPN dalam hal fragmentasi mulai dari fragmentasi layanan, fragmentasi penerbit, fragmentasi biaya.

 

“Ada dua hal yang bukan berkaitan dengan fragmentasi tetapi lebih pada pemrosesan data.

Kalau transaksi lintas penerbit beda jaringan sebagai besar di luar Indonesia padahal transaksi nya di Indonesia antara orang Indonesia,” ungkapnya.

 

Ia menyampaikan GPN sudah dimulai, launching nya pada bulan Desember 2017 lalu. Semua bank ikut dalam program ini, tidak hanya bank semua sistem pembayaran dan penyelenggara jaringan ikut dalam program ini sesuai tahapan.

(Sofuan)

LEAVE A REPLY