Beranda Perisitiwa Alex Lepas CJH Kloter Pertama

Alex Lepas CJH Kloter Pertama

389
0
BERBAGI

Halosumsel.com – Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melepas Calon Jamaah Haji Kloter I (Pertama) Embarkasi Palembang 1436H/2015M di Gedung Serbaguna Asrama Haji. Jumat (28/8).

 

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan menunaikan ibadah haji adalah sebuah kesempatan yang belum tentu bisa didapat oleh orang lain. Mendaftar hari ini harus menunggu 17 tahun berarti baru berangkat tahun 2032.

 

“Kita mengharapkan agar waktu tunggu ini tidak terlalu lama. Tidak mungkin menunggu sampai 17 tahun. Maka dari itu, kita mengharapkan Pemerintah untuk memperketat lagi. Bagi jamaah yang sudah pergi haji untuk tidak pergi haji lagi. Berikan kesempatan kepada yang lain dan untuk  lebih memprioritaskan jamaah yang tua. Maka dari itu gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya” ucap Alex.

 

Lanjutnya, banyak yang tidak berangkat karena tidak sehat. Jadi jagalah kesehatan masing-masing. “Kalau sakit di tanah suci, maka tidak bisa melaksanakan rangkaian ibadah dengan sempurna. Banyak-banyak minum air putih, kurangi minum teh, kopi, jangan makan yang bisa menimbulkan sakit perut, makan juga buah-buahan” tuturnya.

 

Tambah Alex, suhu di Madinah sekarang mencapai 43 derajat. Sebagai perbandingan, suhu di Palembang mencapai 29 sampai 30 derajat sedangkan suhu di Mekkah mencapai 39 derajat. Oleh karena itu jangan terkena sinar matahari secara langsung. Pakai tutup kepala atau pakai payung.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Drs H Hambali mengatakan berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, Calon Haji Embarkasi Palembang tahun 1436 H / 2015 M akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada hari jumat tanggal 28 Agustus 2015 pukul 08.30 WIB.

 

“Embarkasi Palembang tahun 1436 H / 2015 M akan memberangkatkan Jemaah Calon Haji (JCH) berjumlah 5820 orang yang terdiri dari Provinsi Sumsel berjumlah 5088 orang dan Provinsi Bangka Belitung berjumlah 732 orang.” kata Hambali.

 

JCH Embarkasi Palembang akan diberangkatkan menjadi 2 gelombang yaitu gelombang pertama sebanyak 7 kloter dan gelombang ke dua sebanyak 7 kloter. Jumlah jemaah kloter pertama yaitu 3115 orang yang mulai berangkat hari ini sampai tanggal 3 September 2015. Gelombang kedua sebanyak 2705 jemaah yang mulai berangkat dari tanggal 4 sampai dengan 10 September 2015.

 

“Setiap kloter dilayani oleh 5 petugas. Jumlah total petugas kloter sebanyak 65 orang yang terdiri dari Tim Pembantu Haji Indonesia (TPHI) sebanyak 13 orang, tim pembimbing ibadah haji Indonesia sebanyak 13 orang, tim kesehatan 39 orang yang terdiri dari dokter sebanyak 13 orang dan perawat 26 orang” terangnya.

Angkutan penerbangan JCH Embarkasi Palembang 1436 H / 2015 M  menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines boeing 747 dengan jumlah penumpang 445 JCH di tambah 5 orang petugas kloter.

 

“JCH pula tetap diberikan uang saku sebesar 1500 Real. Selain itu, Gubernur Sumsel juga memberikan bantuan kepada JCH berupa bantuan uang saku sebesar Rp 1.000.000. Pemerintah Provinsi Sumsel juga membantu JCH dengan fasilitas mock up pesawat, replika ukuran kabah dengan ukuran yang sebenarnya dan dilengkapi dengan lintasan sai yang semuanya ini diperuntukkan sebagai sarana manasik JCH” pungkas Hambali. (sofuan)

LEAVE A REPLY