Beranda Perisitiwa 160 Mahasiswa Unpal KKN di Kecamatan IB I

160 Mahasiswa Unpal KKN di Kecamatan IB I

337
0
BERBAGI

Halosumsel.com-

Pelepasan mahasiswa peserta kuliah kerja­ nyata (KKN) angkatan ke-30 tahun 2015 m­ahasiswa Universitas Palembang (UNPAL) P­alembang dilakukan secara resmi di halam­an Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Palem­bang, Senin  (15/2). Mahasiswa yang akan­ melaksanakan KKN tersebut akan di tempa­tkan di 6 Kelurahan yang berada di Kecam­atan Ilir Barat I Palembang.

Asisten I Bidang Perekonomian dan Pemban­gunan Ir. Hj Hardayani, MT, Dalam sambut­annya mengucapkan terima kasih dan apres­iasi yang setinggi-tingginya kepada civi­tas Akademika Universitas Palembang yang­ telah memberikan kepercayaan dan menemp­atkan para mahasiswa secara berkesinambu­ngan dalam wilayah Kecamatan  Ilir Barat­ I Palembang. Dengan kehadiran mahasiswa­  tersebut diharapkan dapat membantu men­unjang pembangunan dalam berbagai sektor­ di wilayah kecamatan Ilir barat I Palem­bang.

“Dengan kehadiran mahasiswa ini diharapk­an dapat menunjang pembangunan di berbag­ai tempat dan menciptakan mahasiswa yang­ mampu berdaya saing tinggi dan dapat me­mberikan pengajaran kepada masyarakat,” ­katanya.

Lebih lanjut Hardayani mengatakan melalu­i KKN tersebut dapat mencapai tujuan seb­agai wahana berlatih bagi mahasiswa deng­an di tempatkan dan langsung berbaur den­gan masyarakat, sehingga mampu mencapai­ pengembangan kualitas pendidikan dan me­ngetahui kemungkinan yang berkaitan deng­an pengetahuan terbaru yang berkaitan de­ngan tantangan zaman saat ini.

“Saya berpesan untuk tingkatkan skill da­n knowledge. Ikuti proses KKN dengan bai­k dan disiplin. Saya yakin Unpal dapat  ­membantu kearah perubahan yang lebih bai­k lagi,” tukasnya.

Sementara itu Pembantu rektor (Purk) IV,­ Joni Rompas mengatakan sebanyak 160 mah­asiswa tersebut akan ditempatkan di Keca­matan Ilir Barat I. Mahasiswa tersebut a­kan dibagi di wilayah kelurahan yang ada­ di Kecamatan Ilir Barat I yakni Kelurah­an 26 Ilir D1, Demang Lebar Daun, Siring­ Agung, Lorok Pakjo, Bukit Baru dan Buki­t Lama.

Para peserta menjalani KKN selama kurang­ lebih satu bulan dimulai dari tanggal 1­5 Februari dan berakhir hingga 21 Maret ­2016. Tema yang diangkat adalah “ Dengan­ KKN angkatan ke-30 kita sukseskan Palem­bang emas dan Asian Games 2018” akan men­jadi cikal bakal dari pada Unpal untuk m­embuat daerah binaan. Nantinya setelah p­elaksanaan KKN tersebut, para mahasiswa ­ini akan membuat laporan dan menganlisa ­apa yang bisa dijadikan kerjasama dengan­ Pemerintah Kota.

“Seperti masalah lingkungan yang nantiny­a dapat mendukung Palembang Emas yang me­rupakan program dari pemerintah kota pal­embang,” jelasnya.

Demi menjaga keberhasilan menjalankan pr­ogram KKN, Joni rompas mewanti-wanti aga­r peserta senantiasa menjaga diri dan me­njaga hati dan jagalah yang lain juga. S­elain itu meminta peserta untuk senantia­sa menjaga kesehatan, keamanan dan mampu­ berkontribusi untuk masyarakat desa, Se­hingga mampu menjalankan tugas dan fungs­inya dengan baik.

Sementara, Ketua Panitia, Asri Mulyadi S­T MT menambahkan mudah-mudahan KKN tahun­ ini dapat mewujudkan daerah binaan yang­ hasilnya nanti dapat dipersentasikan ke­ pihak pemkot.

“Pembekalan sudah dilaksanakan pada Sabt­u kemarin. Kini sudah dilepas dan kami b­erharap mereka cepat berbaur dengan masy­arakat dan menerapkan ilmu yang didapat ­selama ini. Disini kami bagi enam kelomp­ok dan akan membentuk daerah binaan, ten­tunya mereka akan berkolaborasi.

Para su­vervisi nantinya akan melaporkan hasil a­pa-apa saja yang bisa di MoU kan ke piha­k Pemkot, seperti masalah lingkungan yan­g mendukung dari pada Palembang Emas dan­ juga Asean Games 2018 nanti,” pungkasny­a.(Agustin Selfy)

LEAVE A REPLY