Beranda Muara Enim Tahun Kedua Muara Enim Berhasil Pertahankan Penghargaan Proklim Tingkat Nasional

Tahun Kedua Muara Enim Berhasil Pertahankan Penghargaan Proklim Tingkat Nasional

17
0
BERBAGI

Muara Enim,Halosumsel.co.id-

Setelah tahun lalu Desa Sidomulyo, Kecamatan Gunung Megang meraih penghargaan program kampung iklim Proklim tingkat nasional, pada tahun 2020 ini giliran Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu meraih penghargaan tertinggi sebagai desa terbaik dalam inovasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim se-Indonesia. dari Kemeterian Lingkungan Hidup RI

Dengan demikian Kabupaten Muara Enim merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang mampu mempertahankan 2 tahun berturut meraih penghargaan Proklim tingkat nasional.
.
Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal KLHK RI, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M., yang diterima oleh Kepala Desa Pelakat, Kohapa didampingi Kasi. Pemeliharaan dan Konservasi Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim, Khusnul Muassiroh, S.T., Jumat pagi (23/10) di Jakarta yang disaksikan secara virtual oleh Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., dari Kantor Camat Gunung Megang.

Dalam keterangannya disela Safari Jumat di Kecamatan Gunung Megang, Plt. Bupati yang didampingi oleh Kepala DLH, Ir. Kurmin, M.Si., dan Kepala Dinas Kominfo, Ardian Arifanardi, AP., M.Si., menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima. Dirinya berterima kasih atas usaha maupun kerja keras masyarakat Desa Pelakat yang turut dibina PT. Bukit Asam sehingga mampu mengharumkan nama Kabupaten Muara Enim di tingkat nasional.
.
Lebih lanjut Plt. Bupati berharap penghargaan ini dapat dijadikan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi, khususnya dibidang kelestarian alam dan lingkungan hidup bagi seluruh desa di Kabupaten Muara Enim. Selain Proklim Lestari, Kabupaten Muara Enim juga meraih predikat Proklim Utama, yaitu sebagai kabupaten terbaik dalam mendukung Proklim dan kelestarian lingkungan.

Hal ini ditandai dengan turut diterimanya sertifikat Proklim untuk beberapa desa lainnya, yaitu Desa Air Talas, Kecamatan Rambang Niru dengan pendamping PT. Pertamina (Persero) Asset 2 Limau Field, Desa Danau Gerak, Desa Tanjung Tiga dan Desa Tanjung Agung di Kecamatan Semende Darat Ulu dengan pendamping PT. Bukit Asam.

Atas prestasi ini, Plt. Bupati.selaku pembina mendapatkan apresiasi dari Menteri LHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.,.atas kontribusi nyata pemerintah daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim. [prokopim-me/jazzi]

LEAVE A REPLY