Beranda Ekonomi Sambut Ramadhan, Pertamina Siapkan Ketersediaan BBM dan Elpiji

Sambut Ramadhan, Pertamina Siapkan Ketersediaan BBM dan Elpiji

242
0
BERBAGI

Termasuk Jual Elpiji 3 Kilogram di SPBU

Halosumsel.com –

Menyambut bulan ramadhan 1437 Hijriah, Pertamina MOR II telah menyiapkan ketersediaan Bahan Bakar Minyak ( BBM) termasuk juga elpiji untuk wilayah Sumbagsel.

Area Manager Communication and Relations PT Pertamina (Persero) MOR II, Makhasin, menjelaskan, selama minggu pertama dan kedua ramadhan, diperkirakan konsumsi BBM jenis Premium dan solar akan berangsur normal dan tidak terjadi lonjakan. Karena rata rata penyaluran normal harian untuk premium adalah 1960 KL / hari dan untuk solar adalah 1140 KL/ hari.

” Biasanya menjelang idul fitri, diperkirakan terjadi kenaikan konsumsi premium dan penurunan solar serta kenaikan konsumsi BBM,” katanya.

Tak hanya itu antisipasi arus mudik lebaran, pihaknya juga akan membentuk tim satgas penyaluran BBM sejak H- 7 sampai H+7 Idul fitri 1437 H. ” Kita juga menginstruksikan SPBU SPBU yang berada di jalur lintas untuk beroperasi selama 24 jam, demi melayani kebutuhan masyarakat akan BBM selama perjalanan mudik,” katanya lagi.

Begitu juga untuk penggunaan elpiji 3 kilogram (kg). Penggunaan elpiji 3 kg itu semakin banyak menjelang bulan Ramadan. PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II menjamin  ketersediaan elpiji 3 kg di Sumatra Selatan.

“Kita naikkan jumlah pasokannya 8 persen dari hari normal. Artinya dari 560 ton per hari, bisa naik jumlahnya menjadi sekitar 604 ton,” kata Makhasin,  Selasa, (24/5).

Ia mengatakan, penambahan tersebut akan di distribusi merata ke Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya. Harganya tetap disesuaikan dengan harga eceran tertinggi (HET), sekitar Rp14.800 per tabung.

Terkait adanya kelangkaan di beberapa daerah di Sumatra Selatan itu, Makhasin mengakui, pihaknya telah mensuplai elpiji 3 kg ke agen dan pangkalan yang ada di Sumatra Selatan. Hanya saja, kata dia, banyak pengecer yang nakal yang membeli dalam jumlah banyak dan menyimannya.

“Kita selalu kirim pasokan ke pangkalan. Kalau pun memang langka itu di kalangan pengecer. Karenanya kita imbau agar konsumen membeli elpiji 3 kg ke pangkalan saja,” ungkap dia.

Agar mempermudah hal itu, Pertamina juga menyalurkan elpiji 3 kg ke semua SPBU yang ada di Sumatra Selatan. Di daerah itu ada sebanyak 443 unit SPBU yang siap menjual elpiji 3 kg sesuai dengan HET di daerahnya.

Tak hanya elpiji 3 kg, pihaknya juga menambah suplai untuk elpiji 12 kg. Khusus elpiji 12 kg, pihaknya menambah 10 persen dari pasokan normal yang biasanya 34 ton per hari.

“Pasokan selama bulan Ramadan mencapai 39 ton per hari untuk elpiji 12 kg. Harganya tetap sama Rp127.100 per tabung, dan bright gas Rp131.100 per tabung,” tandasnya. (ofie)

LEAVE A REPLY