Beranda Ekonomi Polda Sumsel Amankan Ribuan Tahu Berformalin dan Kosmetik Online Ilegal

Polda Sumsel Amankan Ribuan Tahu Berformalin dan Kosmetik Online Ilegal

144
0
BERBAGI

PALEMBANG,Halosumsel.co.id- Jajaran Subdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel berhasil membongkar bisnis kosmetik online ilegal dan tahu berformalin. Pemilik usaha tahu berformalin, Jono warga Jalan Sosial Lebak Jaya No 444 RT 099 RW 002 Kelurahan Sukabangun Kecamatan Sukarami Palembang dan Fitri A, pemilik usaha aplikasi Shopee “Beauty cantik” terletak di Jalan Sultan Agung Kecamatan Ilir Timur II, sampai saat ini masih dalam pemeriksaan intensif penyidik guna melengkapi berkas perkara, Senin (09/03/2020).

“Pengungkapan ini berawal dari informasi masyarakat. Ketika di selidiki ternyata pembuatan tahu itu menggunakan bahan formalir, yang tentu dapat merusak kesehatan tubuh. Mereka menambahkan cairan formalin ke dalam air yang digunakan untuk meredam tahu putih basah sebelum diedarkan dan di jual kepada pembeli di Pasar Alang Alang Lebar KM 12,” papar Dir Reskrimsus Polda Sumsel, Kombes Pol H Anton Setyawan, didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Drs Supriadi dan Kasubdit I Indagsi Ditreskrimsus, AKBP Richard Pakpahan saat press release.

Tak hanya mengungkap Tahu Berformalin, lanjut Anton, Jajaran ini juga berhasil membongkar bisnis online kosmetik ilegal
dengan memasang aplikasi online ‘Shopee’ dan ‘Facebook’.

“Dari lokasi pengerbekan bisnis kosmetik ini, kita amankan barang bukti berupa 3.428 pcs kosmetik tanpa ijin edar, sedangkn dari lokasi pembuatan tahu berformalin kita sita barang bukti berupa satu unit mobil pater pick up nopol BG 9028 AG, 46 ember cat yang berisikan 5520 tahu putih basah. Kedua pemilik usaha akan jerat pemilik usaha dengan pasal 197 Jo pasal 106 ayat (1) Undang-Undang No.36 Tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman 15 tahun penjara,” terangnya. Fhy

LEAVE A REPLY