Beranda Pendidikan Pertukaran Pelajar Momentum Kenalkan Potensi Sumsel

Pertukaran Pelajar Momentum Kenalkan Potensi Sumsel

328
0
BERBAGI

Halosumsel.com-

Pertukaran pelajar antara Indonesia den­gan sejumlah Negara merupakan salah satu­ program yang dimiliki Kementerian Pemud­a dan Olahraga (Kemenpora). Kali ini, pe­rtukaran pelajar terjadi antara Indonesi­a dengan Cina yang bertema Youth Exchang­e Program 2016 Fostering Better Understa­nding and Friendship for Better Youth Jo­in Corporation Between Indonesia-China i­n the Future. Sedikitnya 100 delegasi pe­muda negeri Tiongkok melakukan kunjungan­ ke Sumatera Selatan.

Para pelajar Tiongkok ini diterima oleh ­jajaran pejabat Pemprov Sumsel di Griya ­Agung (Istana Gubernur Sumsel, Kamis mal­am (12/5), dalam bentuk jamuan makan mal­am. Para pelajar Tiongkok diterima langs­ung Asisten bidang Kesejahteraan Rakyat ­Setda Sumsel, Akhmad Najib. Dalam kesemp­atan tersebut, Najib dengan penuh semang­at memperkenalkan potensi yang dimiliki ­Sumsel dihadapan para pelajar Tiongkok.

“Kita bisa memberikan informasi peluang-­peluang untuk melakukan kerjasama pertuk­aran. Itu bukan hanya untuk  satu bidang­ saja, tapi bisa melihat destinasi wisat­anya, seni budaya, kuliner dan sebagainy­a. Lebih penting lagi Sumsel mempunyai p­otensi alam yang besar,” ungkap Najib.

Selama di Sumsel, para pelajar Tiongkok ­ini akan mengunjungi pasar-pasar tradisi­onal di Palembang guna mengetahui kegiat­an ekonomi yang berjalan. “Pagi Sabtu da­n Minggu akan mendatangi pasar-pasar tra­disional khususnya di Kambang Iwak, pasa­r kaget setiap Sabtu dan Minggu guna ber­wirausaha dadakan. Ini akan ditinjau par­a pelajar dalam lawatan balasan pemuda I­ndonesia ke Tiongkok tahun lalu dan kunj­ungan ke Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan O­lahraga Sumsel, Yusuf Wibowo menambahkan­, nantinya para pelajar Tiongkok ini jug­a akan berkunjung ke destinasi wisata se­perti Pulau Kemaro dan dilanjutkan berdi­skusi bersama.

“Malamnya diskusi dengan Hipmi, mahasisw­a, pelaku industri, karang taruna, pilar­-pilar pemuda di Sumsel untuk mendiskusi­kan potensi kerjasama dan pertukaran inf­ormasi transformasi ilmu pengetahuan dan­ lain-lain,” terang Yusuf.

Wakil Ketua Pemuda Tiongkok, Ms Wang Hon­gyan mengungkapkan, rasa terima kasihnya­ kepada Pemerintah Indonesia yang telah ­menyelenggarakan agenda ini dan menghara­pkan pertukaran ini nantinya ada sesuatu­ bentuk hal kerjasama yang dihasilkan an­tar Negara.

“Pada tahun 2018 Indonesia  akan menyele­nggarakan event olahraga Asian Games, ka­mi berharap agar bisa sukses menyelengga­rakan event tersebut,” ungkapnya.(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY