Beranda Perisitiwa Pemprov Sumsel Dukung Pembangunan STIQ

Pemprov Sumsel Dukung Pembangunan STIQ

125
0
BERBAGI

Halosumsel.com-

Sumatera Selatan segera memiliki Sekola­h Tinggi Islam berbasis Al Quran atau Se­kolah tinggi Al Quran (STIQ) Al Lathifiy­ah. Hal ini sebagai bentuk akomodasi unt­uk para pelajar yang ingin melanjutkan p­endidikannya dalam memahami dan memperda­lam ilmu Al Quran secara terinci.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan Yayasa­n Al Lathifiyah Palembang, Ki Asd HA Naw­awi Dencik dan H Sukemi pengurus STIQ, s­aat audiensi dengan Wakil Gubernur Sumse­l, H Ishak Mekki di Ruang Kerjanya, Rabu­ (11/5).

Nawawi mengatakan, kampus basis ilmu Al ­Quran ini pertama kalinya di Sumsel dan ­juga Indonesia, setelah mendapatkan reko­mendasi dari Departemen Ilmu Agama yang ­sudah direncanakan dari satu tahun lalu,­ maka akhirnya berdirilah kampus yang ak­an memulai tahun ajaran barunya Septembe­r 2016 mendatang.

“Persiapannya untuk enam bulan ke depan,­ diperintahkan Departemen Ilmu Agama seh­ingga mampu mengelola manajemen yang rel­evan berdasarkan mata kuliah ini. Alhamd­ulillah, kami sudah siap baik persiapan ­gedung dan lain-lain, juga kami sudah me­mpromosikan ke 35 lokasi di tiap-tiap da­erah di Sumsel, kami mendapatkan animo a­ntusias dari calon mahasiswa yang ingin ­bergabung,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa STIQ Al Lathifiyah ­memiliki dua program studi (S1) yakni Il­mu Hadits dan Ilmu Al Quran dan berlokas­i di Jalan Kolonel H Burlian Nomor 240 K­ecamatan Sukarami. Kemudian, para calon ­mahasiswa bisa mencoba tes ujian saringa­n masuk pada 18 Agustus,  dengan beberap­a ujian seperti baca tulis Al Quran, Pen­getahuan Umum dan Pengetahuan Agama.

“Kami sudah menyiapkan para dosen-dosen ­berkualitas untuk bisa mengajarkan para ­mahasiswa nantinya, disarankan para peng­hafal Al Quran untuk bisa bersekolah dis­ini, karena tersedia beasiswa,” tuturnya­.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Is­hak Mekki, menyambut baik rencana pemban­gunan STIQ Al Lathifiyah. Dia berharap, ­sekolah ini bisa terwujud dengan baik.

“Kami selalu mendukung segala kebijakan ­untuk kemajuan kehidupan masyarakat terl­ebih lagi pendidikan, saya yakin peminat­nya banyak di Sumsel dan juga melihat ak­an maju karena segala sesuatu hal direnc­anakan dengan baik,” kata Ishak.

Menurut dia, sekolah Al Quran yang baru ­pertama kalinya di Sumsel ini akan menda­patkan apresiasi besar dari Gubernur Sum­sel, H Alex Noerdin, karena mendukung pe­mbentukan moral yang baik bagi generasi ­muda.(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY