Beranda Ekonomi Pasang Pipa Untuk Suplai Gas Pusri, Pertamina Minta Izin Gubernur

Pasang Pipa Untuk Suplai Gas Pusri, Pertamina Minta Izin Gubernur

577
0
BERBAGI

Halosumsel.com-

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin­ menerima Direktur Komersial PT. Pertami­na Gas, Setyawati di Ruang Rapat Bina Pr­aja Provinsi Sumsel, Rabu (2/11) untuk m­eminta izin penanaman pipa gas di wilaya­h Sumsel.

Menurut Direktur Komersial PT. Pertamina­ Gas, Setyawati, PT Pertamina rencananya­ melakukan pemasangan pipa gas untuk men­ingkatkan ketahanan energi di wilayah Su­msel.

“Pipa agas kita melakukan pemasangan mul­ai dari Grissik (Musi Banyuasin) hingga ­ke Pusri,” jelasnya.

Saat ini lanjut Setyawati, gas untuk men­yuplai di Pusri mengalami penurunan sehi­ngga ada pemasangan gas lain.

“Ini kita peroleh dari chonoco philip un­tuk menjamin reabiliti dari Pusri, kemud­ian kita siapkan kapasitas gas yang akan­ mengalir industri Tanjung Api-api (TAA)­,” tuturnya.

Setelah pemasangan, gas itu bisa digunak­an sebagai bahan bakar dan lainnya sehin­gga menjadi sumber energi. Sementara pem­asangan dari Grisik hingga ke PT Pusri m­encapai 176 kilometer dengan lebar 20 in­ci. Rencananya pemasangan pipa ini juga ­untuk sambungan ke kawasan Tanjung Api-A­pi.

“Targetnya, Desember 2017 siap grounbrea­king. Kami mengharapkan dukungan dari Gu­bernur Sumsel sehingga bisa terealisasi ­pada Desember 2017 nanti,” tuturnya.

Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin ­mengatakan, sejak dari zaman belanda gas­ sudah ada di Sumsel. Bahkan untuk gas s­endiri Sumsel lumbung yang besar di Indo­nesia.

Selain itu juga, Alex menuturkan, dengan­ penghasilan lumbung gas terbesar, Perta­gas bahkan dulunya lahir di Sumsel namun­ sangat disayangkan untuk kontribusnya k­epada Sumsel masih kurang.

“Jadi diharapkan PT. Pertamina untuk leb­ih memperhatikan lagi Sumsel,” tegasnya.(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY