Beranda Palembang Pangdam Hadiri Pembukaan Geprada 2017

Pangdam Hadiri Pembukaan Geprada 2017

308
0
BERBAGI

Halosumsel-

Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos, Minggu  (29/10/2017) menghadiri kegiatan pembukaan Gelanggang Pramuka dan Pemuda (Geprada) Se-Sumsel TA. 2017 bertempat di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Patah Palembang.
Pembukaan Geprada 2017, antara lain ditandai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Teks Sumpah Pemuda dan penerbangan burung merpati sebagai simbol perdamaian yang dilakukan oleh Pangdam II/Swj, Wakil Ketua Kwartir Daerah Sumsel H.  Najib Haitami dan undangan lainnya.
Kegiatan Geprada 2017 yang mengangkat tema “Berkreasi dalam Kompetisi menjadi Pemuda yang Berkarakter”, dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Sumsel H.  Najib Haitami. Kegiatan ini diikuti sebanyak 2.890 Pramuka Se-Sumatera Selatan yang terdiri dari Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak. 
Kegiatan Geprada 2017 ini selain dihadiri Pangdam II/Sriwijaya,  juga tampak hadir perwakilan pejabat dari Polda Sumsel,  Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Denny Marthen Rihi, Dandim 0418/Palembang, Sekretaris Kwarda,  Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Basarnas Sumsel, Sekretaris Kwarcab Palembang serta undangan lainnya.
Kegiatan Geprada 2017 yang rutin digelar setiap tahun ini, selain dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober dan mengembangkan Kepramukaan di Sumatera Selatan, juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan sebagai sarana memperkenalkan budaya Sumsel serta membangun kreatifitas dan semangat kompetisi yang sehat dan positif di kalangan Pramuka dan generasi muda.
Perlu diketahui bahwa, Satuan jajaran TNI-AD, termasuk Kodam II/Swj juga turut berperan serta dalam pembinaan generasi muda dengan membentuk Saka Wira Kartika, yaitu gerakan pramuka dibawah naungan TNI. Berdirinya gerakan pramuka TNI AD “Saka Wira Kartika” berkontribusi untuk memajukan   gerakan  pramuka  di  Indonesia,  sebagai  salah  satu  wadah  pembinaan generasi muda yang berbasis pada nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme.

Melalui gerakan pramuka diharapkan dapat menjadi benteng bagi generasi muda terhadap hal-hal yang bersifat negatif dan sekaligus sebagai “candradimuka untuk  membentuksumber daya manusia yang memiliki karakter kuat, cakap, disiplin, mandiri, dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi, sebagai wadah kaderisasi pimpinan bangsa, dan wadah penanaman nilai-nilai kebhinekaan.

LEAVE A REPLY