Beranda Advertorial Momentum Kelahiran Pancasila Diperingkat Harus Jadi Perekat Komponen Bangsa

Momentum Kelahiran Pancasila Diperingkat Harus Jadi Perekat Komponen Bangsa

518
0
BERBAGI

Muara Enim,HS-

Upacara Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 berlangsung di halaman perkantoran Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan pembina upacara oleh bupati Muara Enim H Ahmad Yani dan diikuti oleh seluruh dinas instansi dalam Kabupaten Muara Enim.(1/6/19)

Sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. Di wiiayah Nusantara tumbuh flora oan fauna yang beragam. Keberagaman dan natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada dl indonesia sudah ada sejak masa pra sejarah hingga sekarang. Kini lndonesia hldup dan bahagia dalam keberagaman.

Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digall oieh para ‘pendiri bangsa’ merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempuma berhasil merealisasikan nilaI-niial Panasiia, Kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat Dirasakan hingga klni berkat Pancasila.

Pancasiia sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi hams terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora. fauna hingga aspek antropologis dan sosioiogis masyarakat hanya dapat dirajut daiam bingkal kabangsaan yang inklusif. Prom intemaiisasi sekaiigus pengarnalan nilai-niiai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Pancaslia yang berkeadilan dengan niiaI-nliai eksklusivitas, toleransi dan gotong royong keanekaragaman yang ada menjadi suatu berkah. dan Pancaslla sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut manjadi identitas nasional dalam wadan dan slogan ‘Bhinnaka Tunggal ika”.

Dalarn kontaks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila satiap tanggai 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Mari kita barsama mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nIIai-niiai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan Peran seperti yang pernah disebutkan oleh Bung Karno dengan istilah jas merah untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus komitmen terhadap ideologi negara.

Peringatan hari kelahiran Pancasila tidak terpisahkan dengan momentum perumusan Piagam tanggal 22 Juni dan pandangan Pancaslla dalam Pambukaan UUD 1945 oleh Panltla Persiapan Kamardekaan Indonesia (PPKl) tanggal 18 Agustus 1945. menjadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan Satu kasatuan yang tldak tarplsahkan.

Dengan demlklan, klta harapkan perdebatan tentang kelahlran Pancasila sudah tidak diperlukan lagl. Yang diperlukan mulai saat lnl adalah bagaimana klta semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila acara simultan dan terus menerus.

Melalui momentum peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik Harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan dunia yang akan dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun damai adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan kita Indonesia kita Pancasila Tegasnya (ADV. Humpro / jazzi)

LEAVE A REPLY