Beranda Perisitiwa Mitra Penerangan Kodim Batanghari Raih Juara II Lomba Jurnalistik TMMD ke 100

Mitra Penerangan Kodim Batanghari Raih Juara II Lomba Jurnalistik TMMD ke 100

444
0
BERBAGI

Halosumsel-

 
Rapat Paripurna TMMD ke-38 Tahun 2017, yang hari ini (Selasa, 12/12/2017) dilangsungkan di Balai Soedirman Jaksel bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengevaluasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sepanjang Tahun 2017, meliputi TMMD ke-98, ke-99 serta ke-100. Acara yang dihadiri oleh pejabat teras di lingkungan Mabes TNI/Polri, Kementerian/LPNK, Bupati/Walikota, Ka Bappeda/BPMD Pemprov yang wilayahnya menjadi sasaran TMMD dan beberapa pimpinan instansi yang telah berpartisipasi dalam TMMD tahun 2017 ini, dibuka oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., mewakili Panglima TNI, yang menyampaikan arah kebijakan Panglima TNI tentang penyelenggaraan Program TMMD di TA.2018 kedepan.
 
Laporan pelaksanaan dan evaluasi penyelanggaraan Program TMMD disampaikan oleh Kasad selaku Penanggungjawab Operasional TMMD (PJO TMMD). Mengawali laporannya, Kasad menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas sinergitas antara program TMMD dengan program-program dari Kementrian PUPR RI, Kemenkes RI, Kementan RI dan Pemkab/Pemkot. Nantinya pada tahun 2018, Kemendikbud RI, Kemenpora RI dan Kemedagri RI juga berencana ikut ambil bagian dalam TMMD.
 
Secara umum, program TMMD ke-98, 99 dan 100 yang diselenggarakan sepanjang tahun 2017, dapat terselenggara dengan optimal, terlebih dengan  adanya penambahan waktu pelaksaan yang semula 21 hari menjadi 100 hari. TMMD memberikan kontribusi positif kepada Masyarakat, karena dapat membangkitkan krmbali semangat gotong royong, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mampu membuka keterisoliran daerah. Pada tahun 2017 ini, melalui program TMMD telah terbangun/rehab jaringan jalan sepanjang 455.137 M, parit/irigasi sepanjang 62.684 M, Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 706 unit, jamban di rumah-rumah masyarakat sebanyak 467 unit, jembatan sebanyak 164 unit dan gorong-gorong sebanyak 239 unit serta melaksanakan penanaman pohon sebanyak 12.970 batang. Pencapaian sasaran fisik khususnya rehab/pembangunan jalan ini meningkat sekitar 27% dibanding tahun sebelumnya, demikian juga dukungan yang dialokasikan oleh Pemda/Pemkot sekitar 29%.
 
Sementara itu dalam bidang Non Fisik, terbukti TMMD mampu meningkatkan kondusifitas wilayah dan membangkitkan inovasi serta kreatifitas masyarakat, melalui kegiatan penyuluhan.
 
Dalam menjalankan programnya, beberapa Satuan Tugas (Satgas) TMMD yang dikomandoi oleh para Komandan Kodim (Dandim), juga telah mensinergikan programnya dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa di wilayah setempat. Selama menjalankan tugasnya, anggota Satgas TMMD juga tinggal di rumah-rumah masyarakat untuk menumbuhkan persaudaraan dan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Sejak tahun 2016, telah terbentuk ikatan kekeluargaan (Keluarga Asuh) yang kuat antara anggota Satgas TMMD dengan anggota keluarga rumah-rumah atau lingkungan yang pernah ditinggalinya. Untuk memberikan apresiasi sekaligus ungkapan terimakasih dari pimpinan TNI, pada tahun 2016 dan 2017 putra/putri keluarga asuh TMMD diberikan kesempatan mengikuti kegiatan Wisata Nusantara Bersatu di Jakarta.
 
Hasil pengawasan dan evaluasi Staf PJO TMMD di lapangan menilai antusiasme masyarakat meningkat dalam ikut serta dalam kegiatan bersama prajurit TNI ini. Beberapa hal positif lainnya yaitu pemutaran film G30S/PKI untuk mengingatkan generasi muda tentang perjalanan sejarah bangsa, adanya integrasi dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi oleh Staf PJO TMMD di wilayah bahkan penyerahan 1 pucuk senjata AK-56 oleh warga masyarakat yang memgindikasikan tingginya kepercayaan TNI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan frekwensi program TMMD menjadi 3 kali dalam setahun secara signifikan mampu memajukan pembangunan bidang fisik atau non fisik sehingga mempercepat akselarasi pembangunan mencapai kesejahteraan masyarakat. Tingginya respon masyarakat dan Pemerintah daerah ini juga membuktikan kualitas semangat dalam membangun indonesia dari pinggiran sesuai Program Nawacita Presiden RI.
 
Di akhir acara, Kasad selaku PJO TMMD juga memberikan penghargaan kepada para pejabat daerah meliputi Bupati Purwakarta, Bupati Mahakam Ulu dan Walikota Medan atas partisipasi serta dukungannya pada Program TMMD sepanjang Tahun 2017. Hadiah dan penghargaan juga diserahkan kepada para pemenang Juara Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-100 TA.2017. Pada kesempatan ini, salah satu wartawan Mitra Penerangan Kodam II/Swj dari wilayah Kodim 0415/Batanghari Sdr. Golda Eksa (Media Indonesia), berhasil meraih Juara II Kategori  Media Cetak/Online, dengan judul artikel “Membentuk Keluarga Baru di Kampung Sunyi”.
(rel)

LEAVE A REPLY