Beranda Perisitiwa Manfaatkan Halaman, Prajurit TNI Berkebun Sayur

Manfaatkan Halaman, Prajurit TNI Berkebun Sayur

948
0
BERBAGI

 

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Hasoka  Ide Kreatif , bercocok tanam (berkebun) sayur mayur di Pekarangan Rumah(Rabu 14/03/)

Siapa sangka Sang Babinsa yang baru menjabat 3 bulan yang lalu pekarangan rumah yang kosong, dapat disulap menjadi kebun indah yang cantik. Hal itu, dilakukan Babinsa Kelurahan Pangkallalang Kec Tanjungpandan Serka Hasoka.

Hal itu mulai dikampanyekan dia sejak tahun 2017 lalu kepada para tetangga asramah maupun kepada masyarakat binaannya, bahkan, Babinsa ini mengajak warga Pangkallalang untuk mulai bercocok taman. Dan hasilnya, 50 persen warga sekitar ikut bercocok tanam sayur di halaman rumah yang ia sarankan.

Rumah-rumah yang berada di lokasi tersebut, mulai banyak ditanami tumbuhan untuk kumsumsi sehari-hari untuk keluarga.

Hasoka mengatakan, “awalnya ide tersebut dia dapatkan dari Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko Saptono yang menanam cabe, sayur -sayuran baik yang ditanam di tanah di Polibag maupun melalui Hidroponik, di Makodim 0414 Belitung. Bahkan, waktu itu dandim sempat memberikan arahan agar anak buahnya bercocok tanam.

Merasa tersentuh, akhirnya Hasoka perlahan-lahan membuat pekarangan dikediaman yang masuk asrama militer di Jalan Gajah Mada  beberapa bulan dicoba, hasilnya sangat luar biasa. Cabe dan tumbuhan lain yang dia tanam akhirnya berbuah manis.

Bahkan, saat ini tumbuhan cabe yang dia tanam sebanyak kurang lebih 50 buah sudah mulai bisa dipanen. “Rencana puluhan kilo cabe ini akan kita jual. Ini asli cabe Belitung yang sangat pedas lo,” ujar Hasoka.

Warga sekitar yang melihat hasil panen ini, hampir tiap hari mendatangi rumahnya yang terletak di Kawasan jalan Gajah Mada. Mereka, konsultasi mengenai tata cara menanam cabe dan tanaman lain yang ditanam Sang Babinsa.

Dia mulai menanam cabe tersebut pada saat pulang dinas sekitar Pukul 16.00 WIB. Setelah itu, dia beserrta istri menanam tumbuhan tersebut di Pekarangan Rumahnya hingga menjelang Adzan Magrib.

“Istri saya merasa senang melihat hasil ini,” ungkap Hasoka. Bahkan, hampir tiap hari wanita yang berprofesi sebagai guru ini selalu, membantu sang suami bercocok tanam. Dan mengajak murid-muridnya untuk mulai membudidayakan tanaman cabe dan sayuran di sekolah tempat dia bekerja. (Rh)

 

 

LEAVE A REPLY