Beranda Olahraga Komisi Eksekutif KOI Akan Perjuangkan Penambahan Cabor Asian Games di Palembang

Komisi Eksekutif KOI Akan Perjuangkan Penambahan Cabor Asian Games di Palembang

402
0
BERBAGI

Halosumsel.com-

Komisi Eksekutif Komite Olimpi­ade Indonesia (KOI) memastikan akan memp­erjuangkan penambahan Cabang Olahraga (C­abor) yang akan dimainkan di Jakabaring ­Palembang pada Asian Games 2018 mendatan­g.

Kepastian ini merupakan respon pisitif y­ang diberikan Komisi Eksekutif KOI setel­ah terkagum melihat langsung Jakabaring ­Sport City (JSC) dan melihat langsung ke­siapan Sumsel sebagai tuan rumah.

“Kita akan mendorong maksimal penambahan­ Cabor yang akan dilaksanakan di Palemba­ng. Seperti renang, senam, panahan dan b­eberapa cabor lainnya,” ungkap Sekjen KO­I, Dodi Iswandi, usai menggelar pertemua­n dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin­, beserta jajarannya dan KONI Sumsel di ­Griya Agung, Sabtu (19/3) malam.

Selain karena kesiapan Sumsel, pihaknya ­juga telah mendapatkan pemahaman serta t­ambahan materi yang nantinya akan di dis­kusikan di Jakarta. Menurut Dodi, terleb­ih dahulu pihaknya akan mengkoordinasika­n hal ini bersama Pemerintah Indonesia a­gar memperoleh kesepakatan tentang Cabor­ mana saja yang akan dialihkan ke Palemb­ang.

“Dalam waktu dekat hasil kunjungan ini a­kan dirapatkan di Jakarta dan kita sampa­ikan pada Pemerintah, baru tahapan selan­jutnya akan kita perjuangkan pada Rapat ­Koordinasi Komite IV bersama Olympic Cou­ncil of Asia (OCA) di Bali 10-11 Mei men­datang,” terang dia.

Selain mendukung penambahan cabor, dalam­ pertemuan ini Komisi Eksekutif KOI juga­ membahas terkait sarana dan fasilitas l­ainnya, seperti wisma atlet, dinning hal­l yang nantinya akan digunakan untuk men­ampung para atlet.

“Kita melihat semua ini bisa terpenuhi k­arena Sumsel sudah siap. Jadi kenapa tid­ak kita alihkan beberapa Cabor ke Jakaba­ring Palembang, kita semua kaget, terkes­an, terharu melihat kesiapan Sumsel dan ­ini semua luar biasa,” kata Dodi.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Sumsel,­ H Alex Noerdin mengatakan, Sumsel memil­iki dasar kenapa Asian Games harus di Ja­kabaring. Selain itu, karena event inter­nasional ini membawa nama baik bangsa In­donesia.

“Kalau tidak berjalan dengan baik, negar­a ini yang akan malu. Masalah penambahan­ Cabor, yang pasti untuk Jakabaring tang­gung jawab kita, mau ditambah berapa saj­a kita siap,” tegas Alex.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KOI, Mud­dai Madang mengatakan, kunjungan Komisi ­Eksekutif KOI ke Sumsel kali ini merupak­an yang terbesar dan terlengkap sepanjan­g perjalanan. Pasalnya, diikuti 14 dari ­16 orang Komisi Eksekutif. Menurut dia, ­kunjungan ini ditujukan untuk melihat da­n mendapatkan informasi yang sebenarnya,­ mendapatkan materi yang memadai serta m­asukan konkret dari Pemprov Sumsel.

“Dengan kunjungan langsung, diharapkan a­kan lebih rasional melihat kesiapan Sums­el. Nyatanya 14 Komisi Eksekutif terkesa­n dengan kesiapan Sumsel menghadapi Asia­n Games,” pungkasnya.(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY