Beranda Perisitiwa KODIM 0419/TANJAB BANTU PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN.

KODIM 0419/TANJAB BANTU PADAMKAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN.

127
0
BERBAGI

 

Halosumsel.com – Dandim 0419/Tanjab Letnan Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H. turun tangan atasi kebakaran lahan dan hutan di  wilayah kab. Tanjab Timur yakni, ds. Rantau Rasau Desa kec. Berbak dan ds. Simpang Datuk kec. Nipah Panjang  yang berbatasan dengan hutan Taman Nasional Berbak yang merupakan lahan penyangga dan Lahan kebun sawit milik PT Metro Yakin Jaya. Sudah hampir 500 hektar lahan terbakar di wilayah ini, hingga saat ini api dilahan tersebut belum dapat dipadamkan secara tuntas, karena lahan tersebut merupakan lahan gambut.
Upaya yg sdh dilakukan untuk memadamkan api dengan cara menyiram air ke lahan yang terbakar menggunakan mesin pompa air, exavator untuk membuat kanal supaya dapat memutuskan api tdk meluas ke area lainnya, namun saat ini kita kesulitan air akibat kemarau berkepanjangan, ujar Dandim. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dandim bersama anggota Kodim , BPBD kab. Tanjab Timur, Damkar, Satgas Karhutla dari Dinas Kehutanan Kabupaten, Manggala Agni serta pihak Perusahaan bersama masyarakat sekitarnya. Tim harus berjibaku melawan cepatnya angin serta panasnya matahari yang membuat api cepat meluas, dikawatirkan api merambah kepemukiman warga. Darimana asal api masih kita selidiki, apakah benar disengaja atau tidak, jelas Dandim.
Untuk mengantisipasi kebakaran tidak terulang Dandim menghimbau agar masyarakat tidak membuka ladang atau lahan pertanian dengan cara membakar hutan, meninggalkan bekas api unggun yang membara di hutan, tidak membuat arang di hutan, tidak membuang puntung rokok sembarangan di dalam hutan, ujar Dandim.(rel)

LEAVE A REPLY