Beranda Musi Rawas Kepala UPTB Samsat Musi Rawas: Jangan Bayar Pajak Lewat Calo

Kepala UPTB Samsat Musi Rawas: Jangan Bayar Pajak Lewat Calo

193
0
BERBAGI
Ilustrasi Bayar Pajak/Ist

Musi Rawas, Halosumsel – Kantor Samsat Musi Rawas, Sumatera Selatan, angkat bicara terkait adanya dugaan oknum seorang tenaga kerja sukarela (TKS) bernama Ferli yang melarikan uang wajib pajak. Untuk mencegah terulangnya kejadian itu, warga diimbau agar membayar pajak langsung ke loket yang sudah disediakan tanpa melalui calo.


Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Kantor Samsat Musi Rawas Sukrisman mengatakan, oknum TKS tersebut telah diberhentikan sejak April 2022 lalu. Sebab, Ferli diketahui telah sering melakukan pungli dan melarikan uang warga yang hendak membayar pajak di kantor tersebut.


Menurut dia, perbuatan Ferli telah melanggar aturan kedinasan kantor Samsat Musi Rawas. Karena itu pihaknya mengambil tindakan tegas dengan memberhentikan Ferli dengan tidak hormat.
“Sudah kami berhentikan sejak April 2022, sanksi berat kami berikan karena yang bersangkutan sudah melanggar aturan. Sejak diberhentikan dia bukan tanggungjawab kami lagi,” kata Sukrisman, Jumat (10/6).


Sukrisman mengimbau kepada warga agar membayar pajak langsung ke loket yang sudah disediakan tanpa melalui calo. Ia meminta agar seluruh wajib pajak tak mempercayai jasa dari calo karena proses pembayaran pajak kini telah mudah dilakukan oleh masyarakat.


Untuk proses pembayaran pajak tahunan, wajib pajak diminta untuk melampirkan Kartu Tanda Penududuk (KTP) asli, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli, dan Kartu Keluarga. Kemudian, untuk pajak 5 tahunan, diwajibkan melampirkan KTP asli, STNK kendaraan asli, cek fisik, fotocopy BPKB kendaraan, dan kartu keluarga.


Dikatakan, proses pembayaran pajak sekarang juga bisa melalui online sehingga bila berhalangan datang ke kantor bisa melalui rumah. Imbauan untuk tidak membayar pajak melalui calon ini selalu disampaikan.
“Karena di setiap loket pembayaran ada petugas kita yang siap melayani di hari kerja,” tutupnya.****

LEAVE A REPLY