Beranda Muara Enim Karang Taruna Harapan Jaya Panen Rosela Perdana

Karang Taruna Harapan Jaya Panen Rosela Perdana

63
0
BERBAGI

Muara Enim, Halosumsel.co.id-

Karang Taruna Trans Unit 8 Desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Enim melaksanakan kegiatan panen Rosella perdana pada Jumat (11/9/2020) lalu.

Dalam kegiatan panen Rosella ini berhasil terkumpul sebanyak 7 kilogram yang dijual langsung melalui Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella yang di himpun CSR PT Bukit Asam.

Camat Muara Enim, Drs H Asarli Manudin Msi, didampingi Kepala Desa setempat turut memberikan motivasi kepada anggota Karang Taruna Desa Harapan Jaya yang tengah mengembangkan budidaya rosela ditengah kebun sawit Trans Unit 8 tersebut.

Menurut Asarli, tanah di Desa Harapan Jaya ini cocok ditanami dengan Rosella, kemudian, sebagian masyarakat yang memiliki lahan luas bisa dikembangkan lagi untuk budidaya bunga Rosella. Sebab Rosella ini sangat banyak manfaat untuk minuman kesehatan, dan olahan makanan lainnya.

“Tanaman Rosella ini baru bagi masyarakat di Harapan Jaya ini. Hasil panen cukup bagus, dan tanah disini cocok untuk ditanami rosela. Tanah masyarakat di desa Harapan Jaya ini masih luas dan bisa dikembangkan lagi dengan rosela,”ungkap Asarli.

Jumari, Ketua Karang Taruna Desa Harapan Jaya mengungkapkan, masyarakat menyambut baik kerjasama antara Desa Harapan Jaya, dengan CSR Bukit Asam dalam mengembangkan budidaya bunga rosela. Selain mengucapkan terima kasih kepada pengurus Karang Taruna Kabupaten Muara Enim, pihakmya mengucapkan terima kasih untuk CSR Bukit Asam.

“Respon masyarakat sangat baik, dan banyak masyarakat yang tertarik ingin kembangkan tanaman rosela di tempat kami. Harapan kami, mudah-mudahan kedepan melalui rosela ini bisa berkembang dan menambah penghasilan warga kami,”ungkap Jumari.

Sementara itu, Dian Afriana, Manager SIBA Rosella pada saat mengikuti panen perdana Rosella di desa Harapan Jaya sangat bersyukur, bahwa wilayah Trans khusunya di Unit 8 ini mempunyai potensi besar untuk mengembangkan tanaman Rosella. Kedepan, pihaknya akan terus memberikan suport kepada masyarakat yang akan mengembangkan lebih luas lagi membudidayakan bunga Rosella.

“Memang panen belum besar, karena kemarin masih uji coba bertanam. Ternyata tanahnya sangat bagus untuk budidaya rosela meskipun bersanding dengan sawit. Kedepan keinginan masyarakat yang akan mengembangkan rosela akan kami suport bibit dan panennya,”terang Dian.(jazzi)

LEAVE A REPLY