Beranda Muara Enim Ka UPT DTPHP : Sukses Panen Raya Bukti Buah Kerja Semua Pihak

Ka UPT DTPHP : Sukses Panen Raya Bukti Buah Kerja Semua Pihak

187
0
BERBAGI

Muara Enim,HS-

Suksesnya Panen raya di sawah tafah hujan dengan menerapkan pola tanam  jenis Indek Pertanaman atau IP 200  yang dilaksanakan oleh Bupati Muara Enim yang berlokasi di Desa Tanjung Jati kecamatan Muara Enim pada Rabu (10/7/19) kemarin tak luput dari kerja keras Kepala UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan kecamatan Muara Enim.

Ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya Kamis (11/7/19) Ka UPTD PPHP kecamatan Muara Enim.Liesma Dewi SP.MSi menyebut bahwa kerja keras untuk mengajak petani yang ada di Kecamatan Muara Enim khususnya yang ada di wilayah Tanjung Jati Lubuk Emplas dan sekitarnya dalam melaksanakan pergantian pola tanam dari IP 100 menjadi IP 200 sudah sejak 10 tahun yang lalu.

Dalam mensosialisasikan pola tanam IP 100 menjadi IP 200 dengan metode penanaman menerapkan 2 kali masa tanam selama kurun waktu 1 tahun pada awalnya banyak mendapat tanggapan miring atau pesimis dari para kelompok tani, Hal ini tentu sangat disadari karena ketergantungan akan air di lokasi persawahan tadah hujan tentu sudah menjadi prioritas utama disamping belum sepenuhnya ketersediaan sarana pipa dan pompa untuk mengalirkan air ke lokasi persawahan urainya.

Selain itu pula peran para petugas PPL yang ada di lapangan dibantu oleh Babinsa dan Babinkamtibmas kecamatan juga merupakan sebuah tim yang senantiasa memberikan pemahaman dan pendampingan kepada kelompok tani tak terkecuali kelompok tani Sumber Harapan. Desa Tanjung Jati Kecamatan Muara Enim.

Alhamdulillah ternyata berbagai persoalan tersebut secara bertahap dapat diatasi dan melalui dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Muara Enim pun secara bertahap tetap memberikan berbagai sarana yang dibutuhkan oleh para kelompok tani yang ada di Kabupaten Muara Enim, dan secara bertahap pula para petani mulai merubah mainset mereka untuk menggunakan IP 200 terang Liesma.

Selanjutnya Lisma juga berharap agar kiranya kedepan jikaada persoalan ataupun informasi yang kurang benar terkait kegiatan kelompok tani khususnya yang ada di Kecamatan Muara Enim agar dapat disampaikan secara langsung, sehingga hal ini bisa meminimalisir terjadinya miskomunikasi dan informasi terkait tindak tanduk kegiatan dinas TPHP dan UPT DTPHP Kecamatan Muara Enim pungkasnya (jazzi)

LEAVE A REPLY