Beranda Muara Enim Empat Sektor Jadi Prioritas Musrenbang RKPD Muaraenim

Empat Sektor Jadi Prioritas Musrenbang RKPD Muaraenim

405
0
BERBAGI

 

Muara Enim, HS-

Dalam rangka menyusun program kegiatan Prioritas pembangunan daerah Kabupaten Muara Enim di tahun 2020 maka penyelenggaraan musrembang Kabupaten Muara Enim tahun 2019 dimaksudkan untuk mewujudkan koordinasi integrasi dan sinkronisasi rencana kerja Perangkat daerah dalam melaksanakan prioritas Prioritas pembangunan di Kabupaten Muara Enim

Demikian disampaikan oleh wakil bupati Muara Enim H Juarsah SH di depan peserta musrembang yang berlangsung di ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim
(26/3/19)

Bahwa usulan yang dibahas dalam musrembang rkpd merupakan bagian dari hasil musrembang yang sudah dilaksanakan di tingkat desa kelurahan dan kecamatan serta hasil reses anggota DPRD di daerah pemilihan masing-masing. Yang sudah masuk ke dalam rancangan regulasi arah kebijakan untuk Pagu di tahun 2020.

Menyangkut rencana kegiatan yang sudah tercover sebanyak 2.803 jenis kegiatan yang meliputi dari 460 program, sementara program yang menjadi prioritas adalah di sektor pertanian, perikanan, pengentasan kemiskinan sektor pariwisata. dengan besaran dana sebesar 2,4 Triliun jika tidak tercover dengan dana APBD dan APBN maka akan disandingkan dengan dana CSR.

Kepala Bappeda Muara EnimĀ  Ramlan Suryadi, bahwa mengacu pada undang-undang nomor 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang 23/2014 tentang pemerintahan daerah Permendagri 86/ 2017 tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah.

Tata cara evaluasi Rancangan peraturan daerah tentang RPJP dan RPJMD Bowo dalam proses penyuluhan penyusunan rencana kerja daerah rkpd menjadi rujukan atau pedoman dalam penyusunan kebijakan umum APBD, prioritas dan plafon anggaran sementara dan rapbd sehingga Salah satu tahapan yang harus dilalui adalah penyelenggaraan musrembang rkpd pada tingkat kabupaten ungkapnya.

Selain itu pula tujuan dari kegiatan ini sebagai Wahana untuk koordinasi antar instansi lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim serta pemangku kepentingan agar dapat diperoleh pembangunan yang sinkron dan sinergis.

Hadir dalam kegiatan musrembang sekaligus bertindak sebagai sumber yaitu Suarmansyah SH asisten-asisten Deputi penanganan kemiskinan Kementerian koordinasi pembangunan manusia dan kebudayaan. Agus Sulaeman kasubdit kebijakan dan strategi pembiayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,Ir Ari Siswanto MCRP PhD Akademisi Unsri dan Ir Endang Tri Wahyuningsih MM, kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan dan kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Dr Ekowati Retnaningsih,SKM. M Kes. Kepala OPD, Camat Lurah/Kades Tokoh Masyarakat, Pers dan LSM(jazzi)

LEAVE A REPLY