Beranda Ekonomi Disbun Sumsel dan KBPS Kerjasama Sediakan Bibit Porang

Disbun Sumsel dan KBPS Kerjasama Sediakan Bibit Porang

117
0
BERBAGI

PALEMBANG,Halosumsel- Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP) Dinas Perkebunan Rudi Arpian bersama Komunitas Bibit Porang Sumsel (KBPS) Sila Nirmala mendorong petani porang disumsel dengen kerjasama dengan dinas perkebunan untuk menyediaan bibit Porang bagi petani Sumsel yang digelar di Cafe Foodfedia Palembang, Selasa (7/9/2021)

Rudi Arpian menyampaikan pertanian Porang ini sangat mempunyai potensi yang tinggi bagi Sumsel untuk membantu petani karna bisa menjadi penghasilan tambahan bagi petani Seperti karet, kopi dan sawit yang sekarang ini pluktuasi harganya turun naik jadi tidak ada kepastian harga bagi petani, dengan adanya tanaman sela berupa tanaman Porang ini diharapkan 8 bulan Sudah berhasil, minimal para petani itu Bisa berhasil untuk dapat banyak bibit lagi.

“Kalau pemerintah hadir disini dengan memberikan bibit Porang kepada petani perkebunan, artinya pemerintah sudah memberikan kepada petani sehingga bisa bergulir terus kepada kelompok, tapi kalu bantuan itu pisik seperti alat panen kemudian alat pembeku ini hanya akan sekali pakai, “katanyaa.

Rudi Arpian juga Kebutuhan Porang ini sudah dibutuh kan oleh 22 negara seperti yang dikatakan gubernur Sumsel , artinya untuk exspor kita tidak akan dan juga hilirisasi Porang menjadi beras, menjadi chip dan menjadi tepung ini sudah dilakukan yang dimuali di madiun.

“Kedepanya Sumatera Selatan harus memikirkan hilirisasi ini berupa bangunan pabrik tepung minimal pabrik chipchip yang tahun depan harus segera karna untuk bahan baku sendiri sekarang ini saya rasa sudah apalagi tahun ini kita sudah menyiapkan satu juta untuk disebar di kabupaten kota oleh Asosiasi Porang Sumsel,”terusnya.

Rudi Arpian juga menjelaskan bahwa bibit ini adalah pokok makanya kita akan mengarahkan petani supaya membeli bibit yang sudah ada jaminan makanya kita merekomendasikan beberapa para penangkaran ikut dalam membacup kebutuhan bibit dari para petani ini.

Selanjutnya Rudia Arpian mengatakan Akan mengadakan pertemuan dengan Perbankan, Porang, Asosiasi Penangkar, kemudian beberapa kelompok petani untuk Mencoba membuat pilot projek bagai mana menanam tanaman Porang ini sebagai tanaman sela di perkebunan.

“Saya yakin kalau secara teori selama delapan bulan dengan dana KUR 50 juta lalu kita bantu bibit seribu batang perkelompok, kemudian pupuk dan juga hand tractor dengan dana dalam 8 bulan saya yakin ini akan berkembang Minimal rata rata menjadi 2 kilo dan kalau maksimal bisa jadi 4 kilokilo,” Ungkapnya.

Sementara itu Sila Nirmala mengatakan untuk ketersedian bibit porang kita sudah siapkan 75 ton ready stook yang diminta oleh Sumsel untuk beberapa lahan yang sudah disiapkan oleh Sumsel.

“Sebenarnya untuk pembibitan Porang ini banyak tapi karna kita cinta dan pemerintah menginginkan Sumsel untuk menjadi pilot projek maka kita mengutamakan untuk Sumsel terlebih dahulu,” Ungkapnya. Dino

LEAVE A REPLY