Beranda Palembang Didatangi Gubernur Untuk Pertama Kalinya, Marbot Masjid Al Jannah: Bangga Sekali Kami...

Didatangi Gubernur Untuk Pertama Kalinya, Marbot Masjid Al Jannah: Bangga Sekali Kami Pak HD

244
0
BERBAGI
Palembang, Halosumsel– Sudarno, 59, Marbot Masjid Al-Jannah PRM Pusri Sako, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako, senang bukan kepalang. Tak henti Ia tersenyum menyambut kedatangan Gubernur Sumsel H.Herman Deru dan rombongan yang Jumat (22/11) siang itu melanjutkan agenda Safari Jumat di Masjid tempat Sudarno sehari-hari bertugas.

Sejak tinggal di kawasan itu pada tahun 1989 silam, setahu Sudarno belum sekalipun pejabat tinggi selevel Gubernur Shalat di Masjid Al-Jannah. Kalaupun ada paling sebatas Camat dan lainnya. Tak mengherankan jika kedatangan Gubernur dalam rangka shalat Jumat dan bersilaturahmi dengan masyarakat di sekitar masjid memberi kesan dan kebanggaan tersendiri bagi ayah 3 anak tersebut.

” Ya bangga sekali pada Pak HD. Yang saya tahu masjid ini berdiri tahun 1993 atau sekitar 26 tahun lalu. Memang ramai yang shalat tapi kalau Gubernur Sumsel baru Pak Herman Deru inilah yang datang. Kalau sebelumnya paling Pak Camat. Sangat berkesan sekali karena beliau rupanya mau berbaur dengan warga,” jelas Pria ramah tersebut.

Sebagai warga dan juga pengurus masjid, Sudarno mengaku senang dengan Safari Jumat yang menjadi program Gubernur Sumsel Herman Deru. Karena dengan berkeliling dari satu masjid ke masjid lain setiap Jumat, Gubernur bisa langsung bertemu dan berdialog sekaligus menyerap aspirasi masyarakat kecil seperti mereka.

“Bangga sekali pastinya dan Alhamdulillah. Berarti Pak Gubernur ada perhatian dengan warganya. Sebagai warga kami berharap perhatian ini tetap dilanjutkan supaya silaturahmi warga dengan pemimpinnya tetap ada.” ucap Sudarno.

Sebagai Marbot yang puluhan tahun menjaga Masjid, Ia juga menitipkan beberapa pesan  kepada Gubernur. Yakni soal kesejahteraan marbot dan pengamanan masjid yang sangat rawan saat ini, terutama dari ancaman para pencuri motor.

“Kita sering kemalingan motor. Apalagi posisi Masjid di dekat jalan raya. Kadang mereka pura-pura cuci kaki jadi kita lengah. Ini yang sering bikin kami kesulitan. Yang kedua kalau bisa perhatian untuk marbot seperti kami ditingkatkan lagi,” paparnya.

Di tempat yang sama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel, Prof Romli S.Ag mengungkapkan apresiasinya atas kesediaan Gubernur Sumsel H.Herman Deru ke Masjid Al-Jannah. Ia berharap kedatangan Gubernur dapat meringankan upaya mereka merenovasi masjid tersebut yang nilainya diperkirakan mencapai Rp3,2 miliar.

“Sebenarnya kami di Muhammadiyah biasa melakukan renovasi ini dengan swadaya. Tapi dengan adanya Pak Gubernur tentu kami berharap renovasi ini bisa menjadi lebih ringan,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengatakan, pada dasarnya program Safari Jumat yang Ia lakukan sejak masih menjadi Bupati tidak pernah pilih-pilih tempat. ” Saya sudah berkali-kali lewat disini tapi baru sekali ini mampir. Ini adalah kehendak Allah malah sekalian kita bisa lakukan peletakan batu pertama,” jelas HD.

Menurut HD, pengembangan masjid yang dilakukan panitia ini tentu karena beberapa alasan. Bisa jadi karena daya tampung tidak cukup lantaran bertambahnya penduduk muslim atau karena memang banyak yang sudah berhijrah. Hal ini menurutnya harus disyukuri.

”  Program Safari Jumat saya itu diatur panitia jadi setiap Jumat pergi masjid  berbeda. Tapi Saya berusaha merangkul semuanya karena kita Islam,” jelas HD.

Mengenai kiprah Muhammadiyah HD juga punya penilaian sendiri. Walaupun lebih sering bergerak sendiri HD mengakui kemandiriannya terutama soal dakwah Muhammadiyah di bidang pendidikan.

” Kalau soal itu tak diragukan lagi dari pra sekolah sampai perguruan tinggi. Kita acungi jempol termasuk soal kedisplinannya. Semoga Muhammadiyah tetap menjaga tujuan utamanya dalam dakwah dan syiar,” imbuhnya.

Selain bersilaturahmi dengan masyarakat setempat, usai shalat Gubernur ikut memberikan bantuan renovasi masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1993 tersebut. Bersama sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov, HD berhasil mengumpulkan urukan bantuan hingga Rp130 juta.

” Saya tidak mau nanti masuk surga sendiri. Hari ini saya mau pakai telunjuk “sakti” saya. Makanya saya juga mengajak semua Kepala OPD ikut menyumbang. Semua Kepala Dinas harua ikut nyumbang ya. Kadinsos, Karo Kesra Sumsel, Kadis Perdagangan, Satpol PP,  Plt Kadis Pendidikan dan lain-lain. Saya minta mereka beri sumbangan. Kenapa harus ramai-ramai? Karena ini tentu meringankan. Nah kalo pengen dapat sumbangan lagi, undanglah aku Jumat depan, biar telunjuk “sakti” ini kupakai lagi”  ujar HD setengah bercanda.

Tak hanya Kepala OPD, Camat dan perwakilan Polsek dan Koramil, Safari Jumat itu tampak juga dihadiri langsung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Prof Romli S.Ag.

LEAVE A REPLY