Beranda Ogan Komering Ilir Dansatgas Pantau Pasukan Pencegahan Karhutla

Dansatgas Pantau Pasukan Pencegahan Karhutla

161
0
BERBAGI

Halosumsel-

            Apel gelar pasukan penganggulangan Karhula yang akan dibuka pada hari Kamis 9 Maret 2017 ini sebagai upaya untuk melakukan persiapan secara dini dalam penanggulangan Karhutla, sehingga diharapkan mampu mencegah terjadinya Karhutla pada saat musim kemarau tahun ini yang diperkirakan akan terjadi tidak lama lagi.
            Dansatgas Kolonel Inf Kunto mengatakan, pihaknya memantau kesiapan gelar pasukan yang akan diikuti oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait yang akan terlibat langsung pada saat terjadi Karhutla. “Karhutla perlu dilakukan pencegahan sejak dini sehingga masalah kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan berbagai aktivitas lain seperti yang terjadi pada tahun 2015 lalu tidak terulang lagi” jelasnya.
            “Ini kita lakukan agar kesiapan petugas dan peralatan pendukung dalam kondisi siap operasional serta melakukan pengawasan secara intensif disetiap wilayah yang rawan terbakar,  selain itu kita menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Provinsi yang memiliki 17 Kabupaten dan Kota ini agar tidak membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar” urainya.
           
            Dengan himbauan tersebut, diharapkan masyarakat di daerah ini untuk dapat mematuhinya, karena jika diketahui oleh petugas, mereka akan diamankan dan diproses secara hukum dengan sanksi yang cukup berat berupa kurungan penjara dan denda.
           
            Diharapkan dengan dukungan masyarakat dan upaya tersebut, wilayah Sumsel pada musim kemarau tahun ini bisa terbebas dari bencana kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan seperti tahun sebelumnya.
 (rilis)

LEAVE A REPLY