Beranda Kesehatan Bupati Komitmen Bangun Puskesmas Rawat Inap Setiap Kecamatan

Bupati Komitmen Bangun Puskesmas Rawat Inap Setiap Kecamatan

609
0
BERBAGI
Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE mengatakan, jika peningkatan status Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap bertujuan untuk percepatan pelayanan kesehatan masyarakat yang tinggal cukup jauh dari Kabupaten.
“Jika ada keluarga kita yang sakit, Puskesmas Rawat Inap dapat memberikan pertolongan pertama secepatnya, tidak perlu di bawa jauh-jauh ke Lahat,” kata H Aswari.
H Aswari menambahkan jika Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat akan mengupayakan di setiap kecamatan sudah ada Puskesmas Rawat Inap. “Puskesmas Rawat Inap ini tak hanya di Kikim Selatan ini saja, melainkan di Kecamatan lain sudah ada Puskesmas Rawat Inap, walau pun tak semuanya. Karena itu, kami akan mengupayakan kedepannya tiap kecamatan di Kabupaten Lahat ini terdapat Puskesmas rawat inap,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat,  dr H Rasyidi Amri MT MKM menuturkan, jika pemilihan Puskesmas yang statusnya meningkat menjadi Puskesmas Rawat Inap tidak sembarangan.
“Dalam meningkatkan status Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap, kita harus memperhatikan beberapa faktor, di antaranya letak geografis dan jumlah penduduk,” katanya.
Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, peningkatan status tiga puskesmas yang baru saja diresmikan ini dinilai sangat layak untuk menjadi Puskesmas Rawat Inap.
“Puskesmas Desa Pagarjati Kecamatan Kikim Selatan, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Pagar Gunung dan Puskesmas Perangai, Kecamatan Merapi Selatan sangat layak untuk menjadi Puskesmas Rawat Inap, mengingat letak geografisnya yang jauh dari Kabupaten dan jumlah penduduknya yang memang banyak,” tandasnya.
Selain meresmikan peningkatan Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap, Bupati Lahat juga memberikan bantuan tiga unit mobil ambulance dan dalam peresmian Puskesmas tersebut, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat juga mengadakan Posko Pengobatan Gratis, Sunatan Massal dan  Pelayanan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan kegiatan Dinkes tersebut di sambut positiif oleh masyarakat, hal tersebut dapat di lihat dari antusiasme masyarakat.
Selain itu, peresmian ini dihadiri oleh beberapa anggota DPRD Kabupaten Lahat, Sekretasi Deaerah (Sekda), Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Camat dan Kepala Desa (Kades) dan unsur tripika kecamatan yang sempat hadir. (Ism).

LEAVE A REPLY