Beranda Ekonomi BNI-Polda Teken MoU, Kelola Keuangan Polisi

BNI-Polda Teken MoU, Kelola Keuangan Polisi

624
0
BERBAGI

Halosumsel.com –

Dalam kerjasama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel tentang pengelolaan keuangan Polda dan para anggotanya. BNI memberikan kemudahan bagi anggota Polda Sumsel dalam mendapatkan fasilitas kredit konsumer yaitu kredit fleksi, griya dan multiguna.

CEO BNI Wilayah Palembang, Asmorohadi usai penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara POLRI dengan BNI  tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan, di Gedung Catur Sakti Polda Sumsel, Kamis (28/4).

Dikatakannya, selain pemberian kredit konsumer bagi anggota polisi, kerjasama tersebut juga berisikan tentang pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP ), penggunaan fasilitas Cash Management (BNI Direct) untuk memonitoring arus PNBP secara real time, pembayaran gaji Anggota POLRI, Penerbitan dan pengelolaan Kartu Tanda Anggota elektronik POLRI, pemberian fasilitas kredit untuk perorangan/PNS POLRI, dan pengelolaan dana lainnya.

Dijelaskannya, berbagai manfaat pengelolaan PNBP dapat terintegrasi untuk membantu pemerintah penghimpunan pendapatan negara. Memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan governance dalam pelayanan dan memberikan laporan yang lebih akurat atas transaksi yang terjadi.

“Dengan terjalinnya kerjasama ini diharapkan dapat memudahkan dan memperlancar POLDA Sumsel dalam mengelola dan memonitor arus PNBP,”ujarnya.

Sementara itu untuk memenuhi kepentingan para anggota Polda, korannya siap melayani program penyaluran gaji yang akan memberikan manfaat untuk berbagai pinjaman konsumer antara lain untuk Kredit Fleksi ( KTA ) khusus kerjasama dengan tarif yang bersaing. Kredit BNI Griya untuk perumahan danpembayaran manfaat pensiun yang bekerjasama dengan Asabri sehingga dapat memanfaatkan BNI Kredit Pensiun.

“BNI sebagai partner keuangan, akan memberikan total financial solution  business model. Sehingga terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional Kepolisian Negara Republik Indonesia,”ujarnya.

Sedangkan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Djoko Prastowo SH MH mengatakan, kerjasama tersebut dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Pusat Keuanganan Polri dengan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan PT. BNI (Persero) Tbk. “Selama ini kerjasama dengan perbankan sudah dilakukan dengan BRI dan Mandiri, namun adanya kerjasama dengan BNI sebagai kompetitor dari bank-bank lain akan menjadi alternatif pilihan bagi anggota Polda Sumsel untuk memilih fasilitas perbankan mana yang paling baik,”ujarnya.

Dengan adanya kerjasama tersebut ditambahkannya, semua kegiatan transaksi perbankan seperti pembuatan SKCK, pembuatan keterangan bebas narkoba, pajak izin senjata api, pelatihan Satpam sampai pemberian kredit pegawai dapat melalui BNI. “Tinggal anggota kita saja, mau memilih transaksi bank apa tergantung pelayanan dan fasilitas yang diberikan bank tersebut,”pungkasnya. ( ofie)

LEAVE A REPLY