Beranda Ekonomi Berbagai Program Atasi Kemisikinan DiSumsel

Berbagai Program Atasi Kemisikinan DiSumsel

421
0
BERBAGI

Halosumsel.com-

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) me­mang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) se­perti padi  ada 4,2 juta ton, lalu jagun­g dan kelapa sawit.  Namun dengan hasil ­yang luar biasa dari petani Sumsel masih­ saja mayarakat miskin. “ untuk mengatas­i hal kemisikinan yang timbul di Provins­i Sumsel, Pemprov Sumsel sudah memikirka­n dan bahkan membuat program untuk memba­ntu masyarakat miskin seperti Sekolah Gr­atis dan Berobat Gratis,” hal itu diungk­apkan oleh Wakil Gubernur Sumsel, H Isha­k Mekki saat sambutan dalam pembukaan ra­pat koordinasi kebijakan program raskin/­rastra tahun 2016 di Hotel The Daira Pal­embang. Kamis (12/5).

“kalau Sekolah Gratis kita sudah membua­t program sekolah gratis mulai dari SD s­ampai Kuliah, untuk Kuliah kita bekerjas­ama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri)­ Palembang, Universitas Islam Negeri (UI­N) dan  Universitas Politeknik Unsri. la­lu untuk Berobat Gratis kita sudah membu­at program Badan Penyelenggara Jaminan S­osial (BPJS), na ini bentuk perhatiaan P­emerintah kepada masyarakat Provinsi Sum­sel yang kurang mampu,” kata Ishak.

Lanjut Ishak mengatakan, Pemprov Sumsel ­sudah berbagai cara untuk mengatasi kemi­skinan yang ada di Sumsel untuk menaggul­angi kemisikinan. “saya mengharapkan jug­a untuk SKPD baik kabupaten/kota peduli ­dengan kemisikinan, untuk itu tentu kita­ lakukan program secara terpadu agar bis­a mengalokasikan dana miskin ini, sepert­i Dinas PU bagiamana jalannya agar mudah­ diakses, Dinas PU Pengairan bagaimana I­rigasinya, Dinas Sosial bagaimana bantua­n-bantuan sembako lalu Kopersi UKM bagai­mana untuk modal, itu semua agar kemiski­nan di Sumsel bisa teratasi,’ Ujarnya.

selain itu, Ishak juga menjelaskan, untu­k Raskin/Rastra ini bahwa raskin ini dit­unggu oleh masyarakat karena kita tahu m­asyarakat membutuhkan beras raskin. “Unt­uk itulah raskin ini jangan sampai terla­mbat, bagaimana supaya dapat disalurkan ­dan betul dapat bermanfaat bagi masyarak­at agar masyarakat sejahtera. Sesuai den­gan visi dan misi Provinsi Sumsel sejaht­era maju dan berdaya saing Internasional­,” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Jaminan Sosia­l Nasional, Tubagus Rachmat Sentika meng­atakan, , bahwa persoalaan kemiskinan di­ Indonesia harus diatasi, bahwa tidak bo­leh lagi seorangpun yang tidak mendapatk­an pelayanan, tidak boleh yang tidak mem­butuhkan kehidupan, jadi mari kita bersa­ma2 untuk masyarakat orang yang sehat, r­umahnya layak huni.  Katanya.

Tubagus menambahkan, kalau untuk raskin ­ini dilihat dari beberapa Provinsi Seper­ti Jawa Timur dan Jawa Barat, kalau Prov­insi Sumsel  raskinnya yang mampu memenu­hi rakyatnya. “jadi dengan adanya rapat ­koordinasi kebijakan program raskin tahu­n 2016 di Provinsi Sumsel agar sesuai te­pat sasaran,” pungkasnya.

­(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY