Beranda Banyuasin Aksi Kawanan Maling Meresahkan Warga Desa Bukit

Aksi Kawanan Maling Meresahkan Warga Desa Bukit

523
0
BERBAGI

Halosumsel.com –

Sedikitnya ada 10 Unit berbagai jenis sepeda motor milik warga Desa Bukit dan sekitarnya dalam Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dalam sebulan terakhir ini raib digondol kawanan maling. Aksi kawanan maling tersebut sudah sangat membuat resah bagi masyarakat dan pelaku setiap melakukan aksinya waktunya mulai saat Maghrib hingga pukul 23.00 wib atau usai sholat Subuh, ujar Mardi warga setempat saat berbincang dengan wartawan beberapa saat yang lalu.

Mardi menambahkan, yang paling jadi sasaran kawanan pelaku untuk R2 yakni jenis motor matic dan kawanan pelaku yang sempat dikejar warga (18/3)bkemarin malam sekitar pukul 21.00 wib dikampung Tanjung Mulyo Desa Bukit, karena keburu ketahuan seorang ibu rumah tangga yang curiga dari gelagatnya dan berteriak maling, maka pelaku berhasil kabur.

Informasi yang dihimpun, kawanan maling itu diduga pelaku kiriman sebab ada kecurigaan ada sekelompok orang turun dari kendaraan truk, tak lama berselang di Kampung Jati Mulyo (JM) desa bukit ada kejadian warga kehilangan sepeda motor. Tak lama berselang waktu di kampung Tanjung Mulyo juga terjadi kehilangan motor. Jadi satu malam sampai tiga kali kejadian.

Yang diherankan oleh Mardi terhadap para korban, mengapa mereka selaku korban tidak melaporkan kejadian yang menimpanya itu kepihak kepolisian, kadang laporan ke RT saja tidak, entah mengapa mereka itu selaku korban mulai enggan melapor ke pihak yang berwajib.

Masih menurutnya, padahal selama sebulan terakhir kejadian pencurian sepeda motor sudah ada sekitar 10 Unit, walau ada yang melapor kepolisi, tapi kebanyakan enggan melapor, namun para korbannya semua setiap ditanya tidak melapor kepolisi, kemungkinan dari pihak kepolisian juga tidak mengetahuinya kalau di Desa Bukit saat ini sedang rawan maling.

Tokoh pemuda Kampung Tanjung Mulyo, Sumino (37) kepada wartawan membenarkan kalau akhir-akhir ini warga didesanya sedang resah dari ulah kawanan maling, yang didengarnya untuk sebulan terakhir ini sudah ada sedikitnya 10 motor hilang dicuri maling, tapi kalau jenis barang lain seperti HP dan isi warung milik warga disini juga banyak.

Yang diresahkan warga didesa ini dari aksi kawanan maling kata Sumino, waktunya selalu warga sedang menjalankan sholat atau warga sedang berangkat kerja usai sholat Subuh.

Dia curiga dari maraknya aksi kawanan maling itu ada orang dikampungnya ikut bermain, maka sulit ditangkap para pelakunya, maka dia mengajak warga untuk lebih berwaspada dan sepeda motorn ya walau didalam rumah ditambah kunci tambahan.

Lebih lanjut kata Sumino, kepada warganya diminta selain mengaktifkan jaga malam, juga lebih berwaspada saat meninggalkan rumah baik menjelang sholat maupun berangkat kerja kekebun dan jangan sampai kosong benar rumahnya dan atas kejadian dari aksi maling agar pelaku segera bisa ditangkap polisi, doanya.

Menurut penjelasan Kepala Desa Bukit, Agusman membenarkan kalau masyarakat didesanya selama sebulan terakhir ini diresahkan dari ulah kawanan maling.

Agusman mengatakan, untuk bulan Maret ini saja warga yang kehilangan sepeda motor ada sedikitnya 8 orang itu yang melapor kekades, tapi kalau yang tidak melapor ada dan jumlah R2 yang hilang mungkin puluhan unit ada yang hilang dan bukan hanya sepeda motor saja yang jadi sasaran maling, tapi isi rumah dan warung warga pun sering juga hilang diobok-obok maling.

Diakui Agusman, memang benar ada warganya yang jadi korban maling, tetapi mereka enggan melapor baik kepolisi maupun di kantor desa dan waktunya beraksi kawanan maling itu mulai Maghrib hingga usai Sholat Subuh ketika warga sedang kosong ditinggal berangkat kekebun.

Masih kata Agusman, dari kejadian itu memang pelakunya belum ada satupun yang terungkap, padahal ronda malam didesanya aktif digerakkan, termasuk polisi dari Polsek Betung pun sering patroli didesanya ini dan pernah berhasil mendapatkan satu unit mobil tapi sopir dan penumpangnya berhasil kabur semua.

Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi saat diminta konfirmasinya via WhatsApp ini balasanya ” Hati2 terkait brita gak bnar,jgn malah bkin resah masy dg brita yg tdk benar….klo memang ada warga yg kcurian di daerah stu,silahkan buat laporan….jgn katanya2…… jawabnya.

Masih jawaban kapolres yang berikutnya melalui WhatsApp “Klo memang ada yg kehilangan silahkan k ktr polsek….bila perlu pak kadesnya ikut jg…andakan bru 10 atau 15 mnt yg lalu menghub kades bukit,kades bukit gak pernah bilang ada 10 org yg khilangan R2 ,yg benar ada 2 org khilangan R2,itupun tdk melapor ke polsek….”, jawabnya.(waluyo)

LEAVE A REPLY