Beranda Muara Enim 40 Sukarela Dibekali Pelatihan Pertolongan Bencana

40 Sukarela Dibekali Pelatihan Pertolongan Bencana

316
0
BERBAGI

 

MUARA ENIM, HS–

40 Sukarelawan yang berdomisili dalam kabupaten Muara Enim diberikan pembekalan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kabupaten Muara Enim khususnya di bidang pertolongan bencana.

Kegiatan berlangsung di Hotel Griya Serasan Muara Enim (23/4/9).

Pada sambutan nya Bupati Muara Enim, yang disampaikan oleh Kepala Dinas PKP, Ir Yulius MSi bahwa kegiatan rekrutmen tenaga sukarela pertolongan bencana kebakaran Kabupaten Muara Enim tahun 2019 sangat penting dalam upaya pemerintah daerah untuk pencegahan secara dini potensi kebakaran di lingkungan masyarakat.

Salah satu tujuan adalah dalam rangka untuk meminimalisir bencana dan sikap dalam.memberikan.pertolongan.kika yerjadi.misibah kebakaran dengan menekan sekecil kecilnya jatuhnya korban jiwa.

Selanjutnya, lankut Yulius pula, untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) bermutu dibutuhkan tenaga atau petugas Damkar yang memiliki 3 kopetensi dasar. Diantaranya, menguasai ilmu teknologi, bisa bekerjasama tim dan professional, dan berjiwa sosial dan sukarela.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan mutu SDM bidang pertolongan bencana. Kedepan kegiatan ini harus bisa lebih baik lagi,”ujar Yulius.

Sementara itu, berdasarkan laporan panitia, peserta rekrutmen tenaga sukarela pertolongan bencana kebakaran sebanyak 40 orang.

Peserta dikirim dari 9 Kecamatan di wilayah Kabupaten Muara Enim. Diantaranya, kecamatan Belimbing 10 orang, Lubai Ulu 13 orang, Rambang 10 orang, Muara Enim 2 orang, Gelumbang 1 orang, Semende darat Tengah 1 orang, Lubay 1 orang, Tanjung Agung 1 orang, dan Gunung Megang 1 orang.

Kemudian, nara sumber dihadirkan dari beberapa instansi, SAR, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Sumatera Selatan, PT Bukit Asam, dan Dinas Pemadam Kenakaran dan Penyelamatan Muara Enim.(Jazzi).

LEAVE A REPLY